POPULAR STORIES

Bridgestone Stop Jual Ban Truk Dan Bus Di Tiongkok

Bridgestone Stop Jual Ban Truk dan Bus di Tiongkok Ilustrasi ban truk Bridgestone (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Bridgestone Corporation resmi mengumumkan keputusannya untuk menghentikan seluruh bisnis produksi dan penjualan ban komersial di pasar otomotif Tiongkok mulai paruh pertama tahun 2024.

Keputusan berhenti dari binsis sektor ban komersial di pasar Tiongkok, akan melibatkan penghentian produksi ban truk dan bus (TBR) di fasilitas Bridgestone Investment Co. Ltd. di Shanghai.

Baca Juga: Bridgestone Perkenalkan Ban Ecopia EP300 Enliten Di IIMS 2024

Berdasarkan siaran resmi yang dikeluarkan oleh produsen ban terkemuka asal Jepang ini, pada 27 Februari 2024 kemarin, langkah strategis ini sejalan dengan rencana bisnis jangka menengah Bridgestone untuk tahun 2024 hingga 2026.

Penghentian bisnis ban kendaraan niaga ini, merupakan upaya Bridgestone untuk membangun kembali pendapatan, kekuatan dan mengarahkan sumber daya strategis untuk fokus pada pasar ban mobil penumpang premium.

Ilustrasi ban komersial/Foto: dok.Bridgestone

Sebagai bagian dari penarikan ini, Bridgestone telah menyelesaikan penutupan pabrik ban TBR di Shenyang, pada tanggal 26 Januari 2024 kemarin. Fasilitas ini telah beroperasi sejak tahun 1996, mempekerjakan 657 orang dan memproduksi sekitar 4.300 ban TBR per hari.

Sebelumnya, pada September 2023, Bridgestone telah mengumumkan penghentian bisnis original equipment (OE) TBR di Tiongkok pada akhir tahun yang sama, dipicu oleh penurunan signifikan produksi dan penjualan ban OE truk dan bus di dalam negeri.

Baca Juga: Bridgestone Perkenalkan Ban Ecopia EP150 12 Inci Untuk Wuling Air EV

Meskipun ada upaya internal untuk mengoptimalkan kapasitas produksi dan mengurangi biaya, Bridgestone menghadapi tantangan dalam memperbaiki situasi di pasar TBR Tiongkok diklaim semakin berkembang dan semakin kompetitif.

Sebelumnya, langkah keluar dari pasar ban komersial di Tiongkok juga terlihat sejak penutupan fasilitas produksi TBR lainnya di Huizhou, pada akhir tahun 2021 lalu. Di mana, pabrik ini telah mempekerjakan 800 orang dan memiliki kapasitas produksi 4.400 unit ban per hari.

Berita Terkait

Berita Terkait