POPULAR STORIES

Musim Hujan Awas Aquaplaning, Perhatikan Hal Ini

Musim Hujan Awas Aquaplaning, Perhatikan Hal Ini Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Musim hujan sudah tiba, setelah diterpa panas panjang. Kini sebagian wilayah di Indonesia mulai sering diguyur hujan, kondisi jalanan pun licin dan terdapat genangan air. Aquaplaning harus diperhatikan saat berada di jalan.

Genangan air bukan hanya bahaya bagi pengendara roda dua, namun bisa juga untuk pengguna kendaraan roda empat, sebab bisa mengakibatkan aquaplaning.

"Aquaplaning dominan diakibatkan oleh kondisi genangan air di antara keempat roda, kecepatan dan bobot kendaraan. Saat aquaplaning terjadi, pengendara cenderung sulit mengendalikan mobilnya," ujar Edwin Dwi Novianto selaku Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau, Edwin Dwi Novianto.

Baca Juga : Ini Cara Atur Lampu Ambient Light Di Wuling Almaz RS Pro

Oleh karena pastikan ban dalam kondisi maksimal baik dari alur ban masih tebal, hingga tekanan bannya sesuai anjuran. "Kondisi alur ban yang baik, tekanan ban yang sesuai dan jenis ban yang sesuai spesifikasi juga membantu mengurangi efek yang ditimbulkan saat aquaplaning," jelasnya.

Keterangan tekanan ban sesuai anjuran, dan ketebalan ban turut diperhatikan.

Baca Juga : Merawat Cat Kendaraan Saat Musim Pancaroba

Untuk mengetahui kondisi alur baik masih baik, biasanya di ban selalu ada indikator yang menunjukkan batas alur ban. Sementara, ukuran tekanan ban sesuai anjuran bisa dilihat di bagian dalam dekat pintu pengemudi.