POPULAR STORIES

Merawat Cat Kendaraan Saat Musim Pancaroba

Merawat Cat Kendaraan Saat Musim Pancaroba Foto: KabarOto

KabarOto.com - Akhir-akhir ini kondisi cuaca mulai berubah, mulai dilanda hujan namun awalnya cuaca panas dengan terik matahari. Kondisi Kondisi cuaca seperti hujan, panas dan udara lembab ini tentu dapat merusak cat kendaraan, berikut adalah cara merawatnya.

Apabila kendaraan tidak atau jarang dibersihkan, cat mobil bisa menjadi kusam dan berjamur. Jangan biarkan air hujan meninggalkan noda. Segera bilas dan bersihkan setelah hujan.

Kemudian poles bodi kendaraan agar dapat melindungi cat mobil untuk kondisi panas dan hujan. Tetapi proses poles ini juga tidak dilakukan pada cuaca panas ataupun terkena cahaya matahari langsung.

Baca juga: Scuto Tawarkan Paket Signature, Harga Mulai Rp 9,5 Juta

Poles mobil di tempat sejuk atau teduh

Paling sederhana adalah mengaplikasikan wax cair, dengan menyemprotkan cairan wax tersebut ke permukaan bodi kendaraan, lap dengan microfiber. Menggunakan cairan wax ini juga memberikan hasil kesan basah atau wet look pada cat kendaraan, dan membuat terlihat lebih mengkilap.

Seperti pengaplikasian Scuto Liquid Wax ini menjaga permukaan cat kendaraan agar tidak mudah kering dan kusam.

Hal lain akibat hujan dan tidak langsung dibersihkan adalah, jamur di kaca, pelek, karet wiper dan bagian komponen krom di mobil. Cara mudah menggunakan sabu cuci piring pada kaca, namun diusahakan tidak terkena cat mobil karena memiliki kadar kimia.

Sementara untuk komponen krom, cukup dibasahi dan dilap dengan microfiber. Apabila masih kurang maksimal dapat menggunakan kompon halus dan dilap perlahan. Untuk karet wiper, dilap mengunakan kain basih kemudian keringkan, hal ini untuk menghilangkan debu dan kotoran yang dapat membuat kaca kendaraan baret.

Sedangkan bagian pelek, sebelum mencuci bagian velg, pastikan membersihkan bagian sepatbor terlebih dahulu. Gunakan shampo atau cairan khusus untuk pelek. Siapkan spons yang memiliki tekstur halus agar tidak merusak permukaan pelek. Gunakanlah sikat gigi atau kuas untuk menggapai daerah yang sulit dijangkau seperti pada pelek jari-jari. Bila sudah bersih, keringkan dengan lap berbahan shammy atau chamois.

“Solusi lainnya, Anda bisa memberikan proteksi bagi kendaraan dengan melakukan Nano Ceramic Coating dari Scuto Indonesia. Selalu gunakan Liquid Wax secara teratur maka cat mobil akan selalu terlindungi dan akan meminimalisasi kotoran serta debu yang menempel pada permukaan cat sehingga memberi waktu bagi pemilik mobil untuk mencuci mobil setelah terkena hujan dalam perjalanan,” ujar Raymundus Arief selaku Chief Strategy Officer Scuto Indonesia.

Baca juga: Scuto Xpress Buka Layanan AC Mobil Dan Bodi Instan PDR

Salah satu produk untuk perawatan cat mobil

Untuk perawatan kendaraan, Scuto memiliki serangkaian produk seperti Engine Degreaser untuk pembersih ruang mesin, Tyre Shine merupakan produk semir ban dan Vinyl Restoner yang berfungsi untuk meremajakan kondisi bodi-bodi plastik pada kendaraan. Kemudian untuk kabin, bisa menggunakan produk Scuto Interior Shine yang memiliki keunggulan untuk membersihkan bagian interior pada Mobil Anda.

Raymundus Arief menambahkan, outlet Scuto menjadi yang terbanyak dan tersebar di seluruh penjuru Tanah Air. Hingga saat ini, total berjumlah 250 outlet yang memudahkan konsumen untuk melakukan treatment ‘Laminating’ car detailing dengan metode Nano Ceramic+ Coating. Selain itu Scuto memiliki layanan bengkel cat mobil, jasa detailing motor hingga franchise detailing mobil.

“Dengan menyandang predikat Superbrands Indonesia 2023, kami akan terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan terbaik bagi seluruh pelanggan Scuto di Indonesia,” tutup Sugiarto Ongko selaku CEO Scuto Indonesia.