POPULAR STORIES

Can-Am Hadirkan Model Maverick R Untuk Menjelajah Jalur Non-Aspal

Can-Am Hadirkan Model Maverick R untuk Menjelajah Jalur Non-Aspal Foto: Can-Am

KabarOto.com - Perusahaan otomotif asal Kanada, Can-Am meluncurkan model kendaraan yang disebut side-by-side (SSV) barunya yakni Maverick R. Kendaraan ATV dua tempat duduk ini menghadirkan beberapa fitur baru, termasuk mesin baru, transmisi, dan geometri suspensi.

Mengadopsi desain sasis baru dengan bahan baku baja tabung berkekuatan tinggi, sasis tersebut dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan kekakuan, termasuk roll cage dibuat lebih kokoh. Dengan demikian diharapkan akan meningkatkan pengendalian yang lebih baik dan untuk mengurangi keausan komponen.

Baca juga: Distributor Can-Am Dan Sea-Doo Di Indonesia Buka Diler Baru Di Pondok Indah

Maverick R memiliki lebar 195,6 cm dan panjang jarak sumbu roda 274,3 cm. Hal ini memberikan rasio stabilitas yang baik sekaligus memberikan jarak bebas ke tanah sebesar 43 cm. Travel suspensinya 63,5 cm di depan dan 66 cm di belakang.

Komponen suspensi terdiri dari aluminium aerospace yang lebar dan tinggi. Desain unik ini meminimalkan tekanan dan perjalanan off-road dengan meningkatkan kekakuan torsional.

Suspensi menggunakan Smart-Shox lansiran Fox. Peredam Live Valve Gen 3 ini, Fox 2.5 Podium dan 3.0 Podium, membantu meredam pergerakan suspensi sekaligus menjaga ban tetap di permukaan. Dapat secara otomatis membuat lebih dari 200 penyesuaian suspensi real-time per detik, dan dapat mengubah pengaturan katup lunak ke katup keras dalam waktu kurang dari dua per seratus detik.

Untuk ban menggunakan Tenacity XNR ITP 32 inci (32x10Rx16), sedangkan pelek menggunakan bahan aluminium lansiran Beadlocked ukuran 16 inci dengan kuncian 6 baut roda. Layaknya pelek yang digunakan pada pikap dan SUV di Amerika Serikat. Hal ini memungkinkan lebih banyak variasi roda dan ban purnajual serta kekuatan penjepit roda yang lebih baik di medan berat. Maverick R dapat menampung roda sekecil 15 inci dan ban sebesar 35 inci.

Sistem pengereman Maverick R menggunakan cakram 265 mm dengan kaliper tiga piston hidrolik 32 mm di depan dan kaliper piston ganda 30 mm di belakang.

Sedangkan jantung mekanisnya mengandalkan mesin 3 silinder segaris tubocharged 999T Rotax berkapasitas 999 cc, sanggup menghasilkan tenaga maksimal 240 dk. Ini adalah mesin empat langkah dengan injeksi bahan bakar.

Untuk transmisi otomatis menggunakan Rotax kopling ganda yang benar-benar unik, dikembangkan Can-Am dengan tujuh kecepatan dan rasio gigi tinggi-rendah.Perpindahan giginya dapat dikontrol melalui paddle shifter yang dipasang di belakang kemudi. Ia berpindah dari rasio gigi tinggi ke rendah (hi-lo) dengan cepat, yang berarti tidak memerlukan penghentian kendaraan atau pergerakan tuas transmisi untuk melakukannya. Itu bisa dilakukan dengan menekan tombol dengan cepat. Transmisi akan memilih gigi yang paling sesuai dengan putaran mesin (rpm) saat ini dan berpindah sesuai dengan itu ketika meninggalkan gigi tinggi atau rendah.

Untuk berkendara, tersedia pilihan mode Normal, Sport dan Sport +. Di mana masing-masing mode bekerja dengan menyesuaikan putaran mesin saat perpindahan gigi, dan mengurangi turbo lag melalui Advanced Response Technology, yang menciptakan preload pada turbo dengan memotong silinder mesin untuk menunda kurva pengapian dan memaksimalkan aliran udara melalui posisi throttle body.

Baca juga: Can-Am Rilis Teaser Dua Sepeda Motor Listrik

Masuk kabin, jok semi bucket dengan sabuk pengaman 5 titik, kemudian lingkar kemudi desain baru lengkap dengan tombol pengaturan dan layar spidometer tepat depan kemudi. Memungkinkan fokus pengemudi tetap pada jalan. Sebagian besar kontrol off-road berada di tempat yang sama di dasbor dan di bawah layar infotainment. Di atas layar terdapat kompartemen penyimpanan dengan outlet USB untuk pengisian daya dan konektivitas ke infotainment.

Maverick R dilengkapi layar 10,5 inci baru yang menyediakan kontrol audio serta layar informasi kendaraan dan sistem. Pemetaan dilakukan melalui aplikasi Can-Am dan koneksi ponsel pintar. Aplikasi ini juga memungkinkan beberapa aplikasi yang terhubung untuk berkomunikasi mengenai posisi kendaraan dan informasi topografi.

Di bagian belakang Can-Am Maverick R terdapat sistem penjepit modular untuk menambahkan berbagai aksesori rancangan Can-Am untuk penyimpanan. Kotak atau dudukan yang dikonfigurasi untuk berbagai perkakas, dll dapat digunakan, dan dapat diganti sesuai kebutuhan. Atap keras opsional dengan sendok udara untuk mesin dan opsi pencahayaan juga tersedia, begitu pula pencahayaan titik jejak yang mengikuti roda kemudi untuk menerangi jalan di depan.

Untuk harga, jika melihat website resminya, ada pada kisaran angka $35.499 atau sekitar Rp 545 jutaan. Harga ini masih dalam kondisi standar, belum termasuk beberapa aksesori tambahan.