Canggih! Honda Ciptakan Mobil Otonom Anti Nabrak

Canggih! Honda Ciptakan Mobil Otonom Anti Nabrak Mobil otonom Honda (ist)

KabarOto.com - Pada ajang Consumer Technology Association (CES) 2019 pada tanggal 8 hingga 19 Januari mendatang, berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat. Honda akan ambil bagian, dengan menampilkan rangkaian teknologi terbarunya yang terdiri dari alat mobilitas, robot, alat penghasil listrik dan konsep lainnya.

Honda memperkenalkan teknologi yang dirancang untuk mendukung aktivitas sehari-hari penggunanya serta menciptakan lingkungan yang lebih bersih, aman dan nyaman. Pada ajang CES, Honda menyuguhkan sebuah uji tabrak off-road pada Honda Autonomous Work Vehicle, sebuah kategori kendaraan baru yang dirancang oleh para insinyur Honda.

"Melalui inovasi terbuka, Honda dapat menciptakan nilai tambah bagi mobilitas manusia, mengakomodasi gaya hidup yang beragam sekaligus mewujudkan lingkungan yang bebas dari kecelakaan," ungkap Nick Sugimoto selaku CEO Honda Innovations.

Dapat berfungsi sebagai alat perkebunan

Honda Autonomous Work Vehicle, merupakan sebuah prototipe kendaraan off-road yang mengkombinasikan mobil berjenis All-Terrain Vehicle (ATV) dengan teknologi otonom. Teknologi ini didesain oleh Honda R&D Amerika untuk meningkatkan efisiensi di beberapa sektor yakni konstruksi, agrikultur, pencarian dan penyelamatan serta pemadam kebakaran.

Baca Juga: DFSK Mulai Penjualan Fleet Glory 580 Dan SuperCab Barunya

Mobil ini menggunakan sasis ATV yang cocok digunakan saat menjelajah ke medan yang sulit dilalui, dengan didukung penggerak empat roda (4WD) serta dibantu teknologi GPS dan sensor.

Sebelumnya, kendaraan ini pernah ditampilkan di CES 2018 dengan nama 3E-D18, dan kini telah melalui serangkaian tes di berbagai medan. Hingga kini, Honda masih mengembangkan kendaraan tersebut dengan menciptakan beberapa alat tambahan yang dapat memperbanyak kegunaan dari Honda Autonomous Work Vehicle (AWV).

Mobil otonom multi fungsi

Mobil tersebut dilengkapi dengan beragam teknologi robot, hal ini untuk mewujudkan visi dimana robot dapat membantu aktivitas manusia di masa depan. Itulah sebabnya Honda menciptakan Honda PATH (Predicting Action of the Human) Bot sebagai fitur yang dapat membantu AWV bermanuver dengan lincah di tempat umum.

Teknologi PATH Bot ini bisa dibilang sebagai kecerdasan buatan, dengan cara kerja menggunakan kamera on-board dan sensor untuk mengidentifikasi lokasi serta lingkungan di sekitarnya. Sehingga dapat melakukan pergerakan tanpa menabrak objek lain sekaligus menentukan rute yang paling optimal.

Baca Juga: Mercedes-Benz Luncurkan V-Class Dan Sprinter Terbaru, Ini Harganya!

Selain itu, Honda melengkapi mobil ini dengan teknologi Safe SWARMTM, yang diciptakan untuk membangun lingkungan yang bebas dari kecelakaan dengan menerapkan pergerakan lalu lintas yang aman melalui teknologi mobil terkoneksi.

Honda SAFE SWARMTM mendukung kendaraan untuk berkomunikasi dengan kendaraan lain di sekitarnya, serta saling berbagi infomasi mengenai lokasi dan tingkat kecepatan. Dengan informasi yang ada serta didukung sensor, maka kendaraan tersebut dapat melakukan pertimbangan sendiri dalam mencari jalanan yang dinilai paling aman. Canggih ya!