Canggih! Ini Jadinya Bila Produsen Elektronik Sony Membuat Mobil

Canggih! Ini Jadinya Bila Produsen Elektronik Sony Membuat Mobil Vision-S

KabarOto.com - Selama ini, Sony, dikenal sebagai produsen produk-produk elektronik berkualitas yang dijual hampir di seluruh dunia. Produknya mulai dari kamera, televisi, sistem audio, perangkat permainan, hingga alat komunikasi.

Kini, tak disangka perusahaan asal Jepang tersebut turut merambah segmen otomotif dengan menampilkan mobil konsep bertenaga listrik. Hal itu terlihat di Consumer Electronics Show (CES) 2020, (7-10/1) yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat.

Baca Juga: Beli Mitsubishi Xpander Enggak Perlu Pusing Biaya Perawatan Hingga 3 Tahun

Dalam pameran tersebut, Sony memajang Vision-S sebuah mobil yang dilengkapi beragam teknologi canggih. Mulai dari sensor, komputerisasi termasuk artificial intelligence (kecerdasan buatan).

Gunakan platform modular

Vision-S berukuran panjang 4.895 mm dengan wheelbase 3.000 mm, lebar 1.900 mm, dan tinggi 1.450 mm. Sebagai perbandingan, Tesla Model S berukuran panjang 4.980 mm dengan wheelbase 2.960 mm, lebar 1.964 mm (tidak termasuk cermin), dan tinggi 1.440 mm.

Vision-S mengikuti tren otomotif saat ini, dalam menggunakan platform modular yang memungkinkan aplikasinya di berbagai bentuk bodi. "ini termasuk coupe, sedan, SUV dan MPV," ujar CEO Sony, Kenichiro Yoshida dalam keterangannya.

Bagian belakang mirip Tesla

Sebagai sumber tenaga, Vision-S dilengkapi dengan motor listrik berkapasitas 200 kW, pada bagian depan dan belakang. Sehingga bila ditotal, Vision-S memiliki tenaga hingga 400 kW atau setara dengan 536 dk.

Memiliki tenaga sebesar itu, membuat Vision-S sanggup berlari dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dalam waktu 4,8 detik.

Bagian dasbor dipenuhi layar monitor

Bila pengemudi masih memiliki nyali lebih untuk menginjak pedal paling kanan lebih dalam, mobil tersebut dapat menembus kecepatan tertinggi 240 kpj.

Baca Juga: Volkswagen Beetle Ucapkan Selamat Tinggal Lewat Video

Dalam kecepatan tinggi, Vision-S diklaim memiliki pengendalian atau handling yang mumpuni. Hal itu dikarenakan Vision-S dibekali sistem suspensi udara baik di depan maupun belakang. Daya cengkeram ke aspal juga makin baik, karena Sony menyematkan roda berukuran 21 inci.

Dibekali berbagai sensor dan kamera untuk fungsi otonom

Sayang, Sony belum merinci lebih lanjut mengenai kapasitas baterai, jangkauan, atau koneksi pengisi daya. Namun dari tangkapan layar instrumen pengemudi, terlihat kisaran angka 454 km.

Berita Terkait

Berita Terkait