Car Free Day Kembali Dilaksanakan Pekan Ini

Car Free Day Kembali Dilaksanakan Pekan Ini Car Free Day (Foto: Aldi/KO)

KabarOto.com - Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, berbagai fasilitas umum di Indonesia ditutup. Pasalnya, kebijakan tersebut dilakukan untuk meminimalisir penyebaran. Sejak pertengahan Maret 2020 Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) ditiadakan.

Kini, melihat perkembangan terkait penyebaran akhirnya HBKB di Jalan Sudirman-Thamrin digalakan kembali pada Minggu, 21 Juni. Namun, ada ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi saat berkunjung ke lokasi karena Sobat KabarOto akan merasakan perbedaan.

Baca Juga: Car Free Day Ditiadakan Selama 2 Pekan Demi Cegah Penyebaran Virus Corona

HBKB dilaksanakan mulai 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Lokasi hanya dibuka untuk warga yang akan berolah raga seperti bersepeda, lari dan jalan kaki. Selama olah raga, Sobat KabarOto harus menerapkan protokol kesehatan ketat yaitu jaga jarak, memakai masker, cuci tangan menggunakan sabun, membawa hand sanitizer, dan masker cadangan.

Dibuka khusus bagi yang berolah raga, kali ini tidak ada lagi icip-icip jajan usai olah raga di HBKB. Pasalnya, partisipan dan pedagang tidak diizinkan.

Bagi yang kurag sehat seperti demam tinggi atau flu dan batuk tidak diizinkan berada di area HBKB. Kebijakan serupa juga diterapkan bagi yang rentan terhadap penyebaran virus yaitu anak-anak dibawah 9 tahun, lansia diatas 60 tahun dan ibu hamil.

Baca Juga: Kegiatan Car Free Day Di Jakarta, Dihentikan Hingga 3 Pekan

Apabila orang-orang yang dilarang untuk berkunjung didapati ada di area HBKB, akan dikenakan sanksi sanksi sesuai Pergub 41/2020.

Agar meminimalisir penyebaran virus dan lokasi steril, Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta akan melakukan penyemprotan disinfektan.

Nah, bagi Sobat KabarOto yang selama beberapa bulan ini masih sering berkendara di Jalan Sudirman-Thamrin harap hati-hati dan diingat, pekan ini HBKB sudah dimulai kembali.