POPULAR STORIES

Cara Adira Finance Mencegah Terjadinya Kredit Macet

Cara Adira Finance Mencegah Terjadinya Kredit Macet Adira Finance akan merestrukrisasi nasabah yang terdampak Corona

KabarOto.com - Mewabahnya virus Corona memberi dampak pada perekonomian Indonesia, salah satu yang akan terdampak adalah perusahaan pembiayaan. PT Adira Finance, perusahaan pembiayaan otomotif memprediksi adanya kenaikan kredit macet (Non Performing Loan/NPL). Karena para pekerja informal yang selama ini menjadi nasabah, paling terdampak adanya sosial distancing dan aktivitas di rumah.

Namun, Adira belum bisa diprediksi presentase atau angka kredit macet yang dialami perusahaan. "Seperinya NPL akan meningkat, tapi kita juga masih belum bisa melihat sampai seperti apa meningkatnya," jelas Hafid Hadeli, Direktur Utama Adira Finance.

Baca Juga: Angkat Sektor Pariwisata, Adira Finance Kembali Gelar Festival Pesona Lokal

Saat ini, perusahaan disibukkan dengan pencatatan laporan keuangan Maret 2020, juga mendata debitur yang terdampak virus corona. Untuk itu, Adira belum memulai restrukturisasi dan perhitungan terkait potensi kenaikan angka kredit macet.

Pekerja informal seperti pengemudi online menjadi nasabah yang terkena dampak corona

"Kami saat ini masih dalam pendataan, juga harus melihat lebih dalam lagi jadi perlu waktu untuk persiapan itu semua," terangnya. Pada bulan Februari 2020, lalu PT Adira Finance mencatat adanya booking fee sebesar Rp5,89 triliun dengan NPL 1,6 persen. Angkanya masih stabil.

Untuk mencegah adanya kredit macet, Adira memiliki beberapa strategi, tujuannya untuk meringanan beban nasabah. Menurut Hafid, dalam setiap musibah, Adira selalu menyiapkan sesuatu yang disebut restrukturisasi bagi nasabahnya.

Restrukturisasi merupakan upaya perbaikan yang dilakukan dalam kegiatan perkreditan terhadap debitur yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajibannya. Salah satunya disebabkan karena pandemik virus Corona. Dia mengatakan, beberapa waktu lalu Adira Finance telah memberikan keringanan terhadap ribuan pelanggan di Palu, Sulawesi Tengah, pasca bencana alam melanda kota tersebut.

Adira menurutnya menjalankan restrukturisasi kepada 7.000 nasabah. "Dalam situasi ini kita berikan hal itu guna meringankan nasabah kami. Ini juga ejalan dengan imbauan pemerintah," jelas dia.

Baca Juga: Adira Finance Lunasi Cicilan Konsumen

Namun, nantinya akan ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi nasabah yang ingin mendapatkan keringanan dari Adira Finance atas biaya yang harus mereka selesaikan setiap bulannya.