Cara Atasi Getar Di CVT Honda PCX 2018     

Cara Atasi Getar di CVT Honda PCX 2018      Cara Atasi Getar di CVT.

KabarOto.com – Ada beberapa cerita, tentang CVT skutik Honda, terutama varian PCX kelahiran 2018 rakitan lokal, terasa getar saat tarikan awal. Umumnya getaran ini hilang setelah motor servis rutin, namun terkadang ‘kambuh’ setelah pemakaian satu bulan.

Ternyata, penyebab getar ini berasal dari mangkok ganda CVT. “Desain mangkok bawaan pabrik kurang lubang, sehingga kotoran akibat gesekan kampas ganda ke mangkok tidak terbuang dengan baik,” ucap Heru, mekanik Ahong Motor di Jl. Kelapa Gading Selatan, Kelapa Dua, Tangerang, Banten.

Kotoran yang menumpuk di mangkok ini, mengakibatkan laju PCX terasa bergetar.

Baca juga: Test Ride - Menyusuri Jakarta Dengan Honda PCX Hybrid

mangkok CVT yang telah dimodifikasi
Ini beda mangkok CVT yang telah dimodifikasi agar tidak mudah getar

Solusinya ternyata gampang dan cepat, butuh waktu paling lama 30 menit. Caranya harus memodifikasi mangkoknya, dengan menambahkan beberapa lubang pada sisi bawah dan bodi mangkok. Ini bertujuan kotorannya langsung terbuang.

per kopling

Tapi mesti diingat juga, untuk lubang di sisi bawah mangkok, hanya boleh ditambah 12, tidak boleh lebih. Sebab kalau lebih, justru mengurangi cengkeraman kampas dengan mangkok.

“Awalnya ragu bisa hilang getar di CVT. Tapi setelah pemakaian dua bulan, wah ternyata benar nih. Waktu masih pakai bawaan pabrik, satu bulan pemakaian saja sudah getar, itu saja setelah servis pertama motor,” ujar Agung, pengguna PCX rakitan 2018.

roller

Enaknya, paket ini termasuk meningkatkan akselerasi PCX Anda. Ganti ring puli, per sentry, roller dan per CVT. Paket ini cocok untuk yang ingin meningkatkan performa, tapi masih enak untuk harian.

Part pertama yang diganti menggunakan ring puli kepunyaan Yamaha, per sentry menggunakan Honda Beat karburator, roller menggunakan merek TDR dengan ukuran 11 gram agar akselerasi dan top speed seimbang dan per CVT 1.500 rpm kepunyaan PCX CBU Thailand. Bisa juga pakai roller yang 12 gram, ini untuk yang ingin top speed lebih tinggi.

Baca juga: Ini Cara Kerja Mesin Hybrid Honda PCX

per CVT

Paket ini seharga Rp 600 ribuan dan bisa dibeli di situs belanja online atau bengkel terdekat. Hanya kalau beli lewat online, tetap harus dibawa ke bengkel untuk pemasangannya.

Selamat mencoba. (Rizky Hidayat)

Baca juga: Honda Rilis Warna Baru PCX, Bagaimana Harganya?

Paket yang termasuk (Rp 600 ribuan):

· Ring pulley (Yamaha)

· Per sentry (Beat Karbu)

· Roller 11/12 gram (merek TDR)

· Per CVT (PCX CBU)

· Mangkok kopling custom antigetar