Cara Ineos Automotive Sebarluaskan Pemanfaatan Bahan Bakar Hidrogen

Cara Ineos Automotive Sebarluaskan Pemanfaatan Bahan Bakar Hidrogen Ineos

KabarOto.com - Ineos telah menggandakan investasinya sebesar 2 miliar euro ke dalam program hidrogen ramah lingkungan dengan meluncurkan kampanye dukungan untuk penggunaan hidrogen.

Sir Jim Ratcliffe selaku Pendiri Ineos berkata, “Kami meyakini hidrogen adalah bahan bakar masa depan dan Ineos bertekad untuk mengambil peran terdepan dalam pengembangan bahan bakar ini. Ketika digunakan di dalam bahan bakar sel, hidrogen hanya menghasilkan air dan ini adalah peluang terbaik bagi Inggris untuk mencapai target penurunan karbon.”

Ineos Automotive juga menjajaki peluang baru dalam ekonomi hidrogen, dengan mendemonstrasikan bahan bakar sel hidrogen di mobil Grenadier 4x4 yang sedang dalam tahap pengembangan.

Hidrogen memiliki peran besar dalam menurunkan emisi gas rumah kaca di Inggris dan pihak Ineos mengaku berkomitmen untuk memainkan peran penting dalam revolusi hidrogen.

Baca juga: Sudah 75 Ribu SPK, Ini Strategi Penjualan Ineos Grenadier Yang Bakal Meluncur 2022

Ineos telah memproduksi dan menggunakan 400 ribu ton hidrogen rendah karbon setiap tahun, yang setara dengan penggunaan hingga 2 miliar liter bahan bakar diesel. Ineos mengetahui cara membuat, mengangkut, menyimpan, dan menggunakan hidrogen.

Perusahaan ini juga meluncurkan kampanye dukungan terhadap hidrogen dalam skala besar untuk menarik perhatian publik tentang manfaat maupun penerapan hidrogen. Kampanye ini meliputi iklan billboard dan iklan digital dalam skala besar di London dan Glasgow, tur bus hidrogen Inggris, serta pameran mobil bertenaga hidrogen di konferensi COP 26.

Baca juga: Jalin Kerjasama Dengan Aftermarket, Ineos Bakal Rilis 3 Trim Grenadier

Sir Jim mengatakan, “Mobil listrik ideal untuk penggunaan di pusat kota dan perjalanan jarak dekat. Tetapi hidrogen jauh lebih baik untuk perjalanan yang lebih jauh dan beban yang lebih berat dan dibutuhkan investasi segera di sektor distribusi hidrogen dan stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.”

Berkat perjanjian kemitraan yang ditandatangani pada bulan November 2020 lalu, mobil konsep Grenadier yang menggunakan bahan bakar sel hidrogen akan menggunakan teknologi bahan bakar sel dari Hyundai Motor Company, dengan pengujian yang akan dimulai pada akhir 2022.

Meski demikian, Sir Jim memperingatkan pemerintah Inggris. “Masalahnya adalah industri hanya dapat bertindak sejauh kemampuannya, dan pemerintah Inggris harus mulai berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur hidrogen kita sehingga penggunaan gas ini semakin meluas. Saat ini, kita sudah tertinggal jauh di belakang Eropa dan kesenjangan mulai tumbuh.”