POPULAR STORIES

Cara Kakorlantas Antisipasi Lonjakan Masyarakat Yang Ingin Liburan Saat Masa Nataru

Cara Kakorlantas Antisipasi Lonjakan Masyarakat yang Ingin Liburan Saat Masa Nataru Ilustrasi jalan tol di sekitar Puncak, Jawa Barat (NTMC)

KabarOto.com - Kementerian Perhubungan bersama Korlantas Polri dan instansi terkait melakukan pengecekan pos pantau lalu lintas pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Gadog, Cisarua, Jawa Barat, Senin (5/12).

Kepala Korlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi mengatakan survei ini dilakukan untuk memastikan sarana dan prasarana yang biasanya dijadikan sasaran untuk pengamanan nataru.

Baca Juga: Libur Nataru, Polres Bogor Putar Balik 15 Ribu Kendaraan

Ke depan, ia berharap pihak-pihak terkait segera mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin menghabiskan masa libur Nataru. Caranya, dengan menyiapkan kantong-kantong parkir di kawasan Puncak.

"Silahkan masuk ke kantong-kantong parkir sampai nanti waktu yang ditentukan untuk semua turun satu arah menuju Jakarta lagi," ujar Irjen Firman Shantyabudi.

Sehingga, diharapkan pada tanggal 1 Januari 2023 nantinya kawasan Bogor sudah siap untuk dilintasi dengan normal sebagaimana mestinya.

"Khususnya Wilayah Bogor yang sudah sering menghadapi acara masyarakat saat weekend sudah menyiapkan sedemikian rupa jalur-jalur yang akan digunakan saat angkutan Nataru," jelas dia.

Baca Juga: Urai Kemacetan, Jalur Menuju Puncak Bogor Dilakukan Sistem Buka Tutup

Korlantas memprediksi akan ada sekitar 40 ribu masyarakat yang akan menghabiskan masa libur Nataru di kawasan Puncak. Baik yang masuk dari jalan tol ataupun melalui jalur-jalur alternatif yang telah disiapkan.

"Belakangan ini juga terdapat beberapa daerah yang terimbas bencana, hal ini tidak lepas dari persiapan yang terus kita komunikasikan dengan stakeholders yang ada," tandas Irjen Firman Shantyabudi.