Urai Kemacetan, Jalur Menuju Puncak Bogor Dilakukan Sistem Buka Tutup

Urai Kemacetan, Jalur Menuju Puncak Bogor Dilakukan Sistem Buka Tutup Jasa Marga, NTMC

KabarOto.com - Dampak dari kepadatan lalu lintas yang menuju ke Puncak Bogor, atas diskresi Kepolisian, lalu lintas menuju ke Ciawi/Puncak dilakukan buka tutup, lalu lintas didistribusikan via Interchange (IC) Bogor dan Gerbang Tol Bogor Selatan (KM 42) secara situasional.

Pengalihan lalu lintas ini dimulai 4 Mei 2022 pukul 11.00 WIB untuk mengurai kepadatan yang terjadi menuju Puncak dan sekitarnya.

Sebelumnya, pada hari Lebaran, KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana menyebutkan bahwa pihaknya belum memberlakukan rekayasa lalu lintas, baik sistem satu arah maupun sistem ganjil genap di Jalur Puncak pada hari pertama Lebaran 2022.

Baca juga: Prioritaskan Silaturahmi Lebaran, Polres Belum Terapkan Ganjil Genap Di Jalur Puncak

Pihaknya menilai, karena banyak masyarakat di daerah Puncak yang bersilaturahmi saat Lebaran, jadi pihak kepolisian memprioritaskan terlebih dahulu masyarakat lokal yang melaksanakan silaturahmi ke keluarganya masing-masing di kawasan Puncak.

Ia juga sempat menambahkan, jika kondisi semakin padat, maka pemberlakuan ganjil genap dihentikan, digantikan dengan sistem satu arah atau one way.

Baca juga: Polisi Imbau Pemudik Lebaran Pulang Sebelum Atau Sesudah Puncak Arus Balik

Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagai pengelola Jalan Tol Jagorawi telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk arah dan pengalihan serta petugas pengaturan lalu lintas.

Jasa Marga mengimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan diri sebelum melakukan perjalanan dengan memastikan kondisi kendaraan siap jalan, kondisi pengemudi yang prima, memperhatikan kecukupan BBM dan uang elektroniknya untuk kenyamanan perjalanan.