POPULAR STORIES

Jasa Marga Siapkan 1.977 CCTV Dan 26 Speed Camera Saat Libur Nataru

Jasa Marga Siapkan 1.977 CCTV dan 26 Speed Camera Saat Libur Nataru NTMC Polri

KabarOto.com - Jelang Libur Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT Jasa Marga melakukan sejumlah persiapan, seperti ribuan CCTV dan puluhan speed camera.

Menurut survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan, akan terjadi peningkatan mobilitas Nasional hingga 143% atau sebesar 44 juta orang dengan moda transportasi mobil. Peningkatan ini harus diantisipasi dengan optimalisasi seluruh pelayanan yang baik.

Baca Juga : Jelang Mudik Libur Nataru, Korlantas Siap Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Tiga Titik

“Sebagai Tim Jasa Marga Siaga, kita berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal selama libur Nataru 2023/2024. Peningkatan pelayanan harus terus dilakukan dengan konsisten untuk mengantisipasi peningkatan lalu lintas baik di gerbang tol, rest area hingga layanan preservasi, optimalisasi teknologi serta pengoperasian secara fungsional untuk beberapa ruas tol Jasa Marga Group untuk menjamin kelancaran perjalanan pengguna jalan tol," kata Direktur Operasi Jasa Marga, Fitri Wiyanti.

Meski prediksi peningkatan volume lalu lintas tidak setinggi Hari Raya Idul Fitri 1444 H lalu, pihaknya tetap memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan dengan pemantauan dan pengendalian lokasi rawan kecelakaan, mitigasi risiko genangan dan longsor, serta meningkatkan perhatian pada lokasi-lokasi yang berpotensi mengalami kepadatan lalu lintas seperti objek wisata.

Jasa Marga

Untuk mendukung layanan operasional yang optimal, Jasa Marga menyiagakan sebanyak 476 unit Armada Operasional di seluruh jalan tol di Indonesia yang terdiri dari 166 kendaraan Derek, 119 kendaraan Mobile Customer Service (MCS), 53 kendaraan Ambulans, 38 kendaraan Rescue, 100 kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR).

Tersedia juga sarana pelayanan lalu lintas serta sistem informasi dan komunikasi Jasa Marga Group yang terdiri dari 1.977 unit CCTV, 204 unit Dynamic Message Sign (DMS), 26 unit Speed Camera dan 7 unit Weigh in Motion.

Baca Juga : Jangan Terjebak Macet, Berikut Jadwal Contra Flow Saat Libur Nataru

Selain itu, momen libur Nataru juga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan liburan bersama keluarga dan juga bersamaan dengan masa kampanye pemilihan umum sehingga diharapkan seluruh persiapan yang dilakukan berjalan dengan baik.

Direksi Jasa Marga dan para stakeholder juga berkesempatan untuk melakukan peninjauan serta pengecekan armada operasional. Yang berbeda pada tahun ini, kendaraan operasional dari para stakeholder seperti Badan Pengelola Transpotasi Jabodetabek (BPTJ), Dinas Perhubungan (Dishub), BASARNAS dan kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) juga turut hadir dalam prosesi Kick Off Jasa Marga Siaga.