POPULAR STORIES

Cara Kerja Mesin Hybrid Suzuki Grand Vitara

Cara Kerja Mesin Hybrid Suzuki Grand Vitara Suzuki Grand Vitara di IIMS 2023 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Suzuki Grand Vitara baru diluncurkan di IIMS 2023. Mobil ini dibekali teknologi hybrid dari Suzuki, bernama Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Teknologi SHVS dibangun dengan kombinasi perangkat Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery. Lalu, bagaimana cara kerja mesin hybridnya?

Suzuki Grand Vitara menggunakan mesin baru berkode K15C Dual Jet berkapasitas 1.500 cc, mampu menghasilkan tenaga 101 dk pada 6.000 rpm, dan torsi 136,8 Nm. Mesin ini dipadu dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Baca Juga: Suzuki Berikan Promo Menarik Untuk Pembelian Spare Part Selama IIMS 2023

Suzuki Grand Vitara menggunakan mesin baru berkode K15C Dual Jet berkapasitas 1.500 cc

"Secara garis besar teknologi SHVS yang ada pada Suzuki Grand Vitara, sama dengan Ertiga. Ada fitur start stop, engine assist, juga punya konversi energi yang terisi pada baterai saat deselerasi. Overall sama teknologinya,” ucap Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Sistem hybrid SHVS diklaim membuat pengalaman berkendara lebih baik, efisien bahan bakar, ringan, dan ringkas. Sehingga ini ideal untuk mobil ringkas. Teknologi ini dikenal juga sebagai Mild Hybrid, di mana kehadiran ISG pada SHVS berfungsi sebagai motor penggerak, menggantikan alternator konvensional.

Tenaga yang dihasilkan oleh ISG dapat menghidupkan mesin kembali, dan membantu berakselerasi, sehingga hasilnya dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca Juga: Profil Suzuki Grand Vitara, Kembalinya Sang Legenda

Desain Suzuki Grand Vitara semuanya baru

ISG digunakan untuk menghidupkan mesin kembali , suara yang dihasilkan menjadi lebih senyap dan halus. SHVS menggunakan Lithium-Ion Baterai ringan dan ringkas, dirancang untuk masa pakai yang lama.

Selama deselerasi, daya yang dihasilkan oleh ISG akan disimpan, dan digunakan kembali setiap kali diperlukan untuk engine assist.

Sistem SHVS bekerja ketika pedal kopling ditekan selama mesin berhenti otomatis, dan motor penggerak ISG menghidupkan mesin kembali. Belt drive akan menghasilkan restart yang mulus, tenang tanpa suara.

Saat akselerasi, listrik yang disimpan selama deselerasi, akan menggerakkan motor untuk membantu mesin, dan meningkatkan efisiensi bahan bakar, performa kendaraan akan meningkat.