POPULAR STORIES

Profil Suzuki Grand Vitara, Kembalinya Sang Legenda

Profil Suzuki Grand Vitara, Kembalinya Sang Legenda Suzuki Grand Vitara (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Suzuki Grand Vitara baru dibekali Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), meluncur di IIMS 2023. Medium Sport Utility Vehicle (MSUV) dibekali teknologi elektrifikasi.

Suzuki Grand Vitara terlahir sebagai perkembangan passion Suzuki Global akan desain, teknik, dan mesin di dunia otomotif. Sebagai city cruiser yang modern, Grand Vitara hadir dengan sentuhan desain eksterior yang elegan, tangguh serta sporty. Kelengkapan fitur dan kenyamanan yang terdapat pada Grand Vitara diklaim dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar masa kini. Ditambah dengan mesin ramah lingkungan dan memberikan efisiensi optimal.

Sebagai produk MSUV, Suzuki Grand Vitara memiliki kelincahan berkendara

Suzuki Grand Vitara memiliki dimensi panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm. Kelincahannya didukung wheelbase 2.600 mm. Secara desain, Grand Vitara memberikan tampilan yang agresif namun berkelas, serta lekuk tubuh yang kokoh dan menonjolkan maskulinitas.

Baca Juga: Bocoran Harga Suzuki Grand Vitara, Dibanderol Mulai Rp 360 Juta

Soal performa, Suzuki Grand Vitara dibekali mesin berkode K15C Dual Jet berkapasitas 1.500 cc. Ditunjang dengan penggunaan teknologi SHVS, yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan, sekaligus menekan emisi gas buang dengan lebih baik.
Area dasbor berwarna hitam, dilengkapi tombol pengaturan

Performa yang dihasilkan dari mesin tersebut 101 dk pada 6.000 rpm, dan torsi 136,8 Nm pada 4.400 rpm. Dipadukan transmisi 6-speed Automatic. Dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi. Teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery yang akan mengoptimalkan kinerja mesin K15C Dual Jet tersebut.

Untuk kenyamanan, sistem suspensi depan menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring, dan pada bagian belakang menggunakan Torsion Beam memberikan peredaman perjalanan yang nyaman.

Baca Juga: Suzuki S-Presso Menggunakan Fitur Baru, Harga Rp168 Jutaan

Memiliki kapasitas lima penumpang

Suzuki Grand Vitara dilengkapi fitur keselamatan, 6 Airbag, ESP (Electronic Stability Program), ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution).

Selain itu, MSUV ini juga dilengkapi dengan 360 camera, rear parking camera serta parking sensor untuk memudahkan pengendara melihat kondisi sekitar mobil dan melanjutkan manuver yang aman. Kehadiran fitur Hill Hold Control, juga memberikan rasa aman saat kondisi mobil mulai bergerak di jalanan menanjak.

Identitasnya sebagai SUV modern ditandai dengan berbagai kelengkapan menarik, seperti panoramic sunroof, LED Projector Headlamp berikut Autolight with Guide Me Light, Cruise Control, Head Up Display (HUD) dan smartphone wireless charging. Berkendara dengan Grand Vitara, semakin menyenangkan berkat head unit touchscreen 9 inci yang dapat terkoneksi dengan smartphone.

Suzuki Global berperan dalam hal desain, teknik, dan mesin.

Suzuki Grand Vitara hadir dalam dua varian, yaitu GX dan GL. Varian GX tersedia 4 pilihan warna Pearl Splendid Silver + Black, Pearl Artic White + Black, Pearl Celestial Blue dan Pearl Midnight Black. Sedangkan pada varian GL tersedia 3 pilihan warna seperti Pearl Artic White, Prime Grandeur Grey dan Pearl Midnight Black. Sayangnya, Suzuki belum mengumumkan harga resminya.