POPULAR STORIES

Cara Membersihkan Jamur Yang Menempel Pada Aki

Cara Membersihkan Jamur yang Menempel pada Aki Aki yang berjamur (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Bagi Anda yang mempunyai kendaraan roda empat, tentu sudah tak asing dengan jamur putih kehijauan yang sering menempel di bagian aki. Kotoran itu timbul karena hasil residu yang terjadi saat proses sistem pengisian alternator (daya listrik) ke dalam aki.

Salah satu penyebab terjadinya jamur pada aki adalah over charge, yakni pengisian daya ke aki yang berlebihan sehingga kepala aki menjadi panas.

Penyebab lainnya karena kepala aki longgar sehingga menimbulkan panas pada kepala aki sehingga mempercepat munculnya jamur.

Baca Juga:

Seperti dilansir dari Astra World, Rabu (29/11/17), berikut ini tips membersihkan jamur.

Cara membersihkannya hanya perlu menggunakan air panas untuk disiramkan secukupnya di area kepala aki lalu disikat dengan sikat gigi atau sikat berukuran kecil agar menjangkau celah yang lebih kecil. Lalu, siram kembali dengan air panas agar kotoran yang disikat langsung terbuang.

Setelah proses tersebut, berikan grease atau gemuk pada area yang dibersihkan. Untuk hasil maksimal, lepas kabel dari kepala aki saat proses pembersihan berlangsung, sehingga bagian dalam kabel pengikat kepala aki dapat lebih mudah dibersihkan.

Jika kepala aki selalu dalam keadaan bersih tanpa jamur, kelistrikan dapat bekerja dengan normal, baik dari sisi sistem pengisian alternator ke aki ataupun dari aki ke kelistrikan mesin dan ke kelistrikan komponen lainya.

Bila tak ada hambatan yang disebabkan jamur pada aki akan membuat usia aki dapat lebih lama karena pengisian yang dihasilkan alternator dapat diterima dengan baik oleh aki tanpa gangguan.