Cara Menghidupkan AC Mobil Yang Benar

Cara Menghidupkan AC Mobil Yang Benar Membuang udara dalam kabin sebelum ac dinyalakan sangat disarankan. (foto: bimo)

Di kota besar seperti Jakarta, AC sangat dibutuhkan. Tanpa AC suasana panas didalam kabin mobil akan terasa pengap. Sebagian besar pemilik mobil salah kaprah dalam menyalakan AC mobilnya. Bonbin AC memberikan beberapa hal yang benar saat menghidupkan AC mobil:


1. Buang udara didalam mobil sebelum AC dinyalakan. Membuang udara didalam mobil dengan membuka kaca jendela mobil sesaat setelah mesin dinyalakan, setelah itu hidupkan AC secara perlahan untuk membuang udara di kabin, paling lama lima menit.

Selama ini yang cukup sering dilakukan oleh pengendara mobil adalah langsung meghidupkan AC mobil setelah mobil berjalan tanpa membuka kaca jendela. Membuka kaca jendela saat mobil dan ac dinyalakan disarankan, karena untuk membuang udara di kabin setelah mobil di parkir yang terkena sinar matahari langsung.

Mengapa hal ini perlu dilakukan? karena radiasi sinar matahari menyebabkan reaksi kimia antara material plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok dan bahan lain di kabin dengan udara panas menghasilkan berbagai zat baru, satu diantaranya benzena. Bagi sebagian orang mungkin tidak menjadi persoalan kala menghirup zat tersebut, tetapi bagia sebagian lainnya akan berpengaruh besar, karena tanpa disadari pengemudi dan penumpang yang ada didalamnya akan terasa mengantuk , pusing, atau bahkan lemas dan tidak konsentrasi.