Cara Menghilangkan Bau Rokok dari Dalam Mobil

Merahputih
Merahputih 06 May 2015 - 05:18
Cara Menghilangkan Bau Rokok dari Dalam Mobil
Ilustrasi Merokok di Dalam Mobil. (Foto: Nursingtimes)

Merahputih Otomotif - Merokok merupakan satu kebiasaan yang sulit dihentikan termasuk saat menyetir mobil. Hal tersebut menimbulkan bau sisa asap menempel, bahkan seringkali bau tak sedap membuat jengkel pengguna mobil. 

Menghilangkan bau rokok di mobil memang tidak mudah. Sebab, Anda harus menghilangkan bau di dua tempat sekaligus, yaitu pada karpet dan jok, serta yang lebih sulit adalah menghilangkannya pada sistem sirkulasi udara.

Seperti diwartakan Carsdirect , dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membersihkannya terutama di bagian sistem sirkulasi udara. Jangan khawatir, dengan cara di bawah ini, Anda bisa menghilangkan bau asap rokok tanpa sisa. Berikut ini lima cara menghilangkan bau asap rokok dari dalam mobil:

1. Membuang Sampah

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah menyingkirkan semua sampah dan mengelap interior dengan pembersih. Gunakan vacuum cleaner untuk jok dan karpet hingga tidak tersisa sampah apapun di dalam mobil.

2. Pembersih Berbahan Enzim

Untuk menghilangkan bau asap dari jok, gunakanlah penghilang bau berbahan dasar enzim. Umumnya, penghilang bau ini cukup mahal, tetapi cukup sesuai dengan manfaatnya. Anda tinggal menyemprotkannya di seluruh bagian dalam mobil.

3. Pengharum Ruangan

Langkah selanjutnya adalah menghilangkan bau pada sistem saluran udara. Untuk itu, Anda memerlukan pengharum ruangan atau penetral bau. Parkirkan mobil Anda di tempat yang berventilasi baik, misalnya di luar ruangan jika memang cuacanya mendukung. Kemudian, nyalakan mesin dengan pintu mobil terbuka.

4. Bersihkan Jendela

Tahap selanjutnya adalah membersihkan air intake yang berhubungan dengan penyejuk dan pemanas udara. Pada sebagian besar mobil, air intake ada di bawah kaca depan. Anda hanya perlu menyemprotkan pewangi langsung pada sistem. Pewangi tersebut akan menetralisir semua saluran udara yang dilalui asap rokok.

5. Atur Suhu Mobil

Masih melanjutkan tahap keempat, aturlah suhu ke tingkat paling panas. Saat itu, terus semprotkan pewangi ke dalam air intake sampai tidak mencium bau apapun. Dengan udara yang panas, pewangi akan membersihkan ducting, blower, dan inti pemanas.