POPULAR STORIES

Cara Merawat Helm Saat Musim Hujan Agar Tidak Bau

Cara Merawat Helm Saat Musim Hujan agar Tidak Bau

KabarOto.com - Helm merupakan salah satu perlengkapan yang selalu digunakan oleh pengendara motor. Memiliki fungsi untuk melindungi kepala. Fungsi lainnya adalah untuk melindungi mata dari angin, debu, kotoran, serta benda lainnya.

Namun bila musim hujan, helm sudah dipastikan akan basah bila pengendara motor menerabas lebatnya hujan. Atau bahkan basah karena terkena hujan saat meninggalkannya di motor saat parkir. Richard Ryan, Executive Director RSV Helmet memberikan beberapa tips merawat helm saat musim hujan.

Baca Juga: Tak Hanya Jual Produk, RSV Juga Hadirkan Jasa Perawatan Helm

1. Lepaskan semua inner padding helm jika basah terkena hujan. Inner padding merupakan busa yang melindungi kepala di dalam helm. Inner padding bisa dilepas di bagian kuping kanan, kiri, bagian depan mulut dan bagian atas kepala. "Karena apabila tidak segera di lepaskan, akan menjadi bau tak sedap dan tumbuh jamur," terang Richard.

Lepaskan inner padding dan visor saat helm basah

2. Setelah dilepaskan, biarkan inner padding terkena angin atau jemur di bawah sinar matahari. "Jemurnya jangan terlalu lama, cukup sampai mengering saja," ujarnya.

3. Langkah selanjutnya lap cukup menggunakan kanebo bersih dan jangan lupa gunakan foam khusus pembersih inner padding helm. Selain menghilangkan bau, juga membersihkan calon jamur yang akan tumbuh di dalamnya.

4. Sehabis terkena hujan, buka dan lap visor serta bagian luar helm dengan kanebo. Jika visoor tak dilap, dan dibiarkan mengering dengan sendirinya kemungkinan besar akan buram. "Visor ini juga harus dilepas saat inner padding dibersihkan, agar bau tak sedap hilang. Biarkan saja sampai nanti helm akan digunakan kembali," tambah Richard.

Baca Juga: Buka Outlet Di Dealer KTM Daan Mogot, RSV Perkenalkan Dua Helm Baru

5. Jangan pernah meninggalkan atau menggantung helm di motor saat parkir, selalu bawa atau titipkan di tempat penitipan helm. "Selain kehujanan, menjaga-jaga supaya tidak hilang. Helm produksi kami tidak pernah ada besi untuk mengaitkan di motor, agar konsumen selalu menjaga helmnya di motor," tutup Richard.