Cara Merawat Mobil Balap Dan Off-road Saat Pandemik Covid-19

Cara Merawat Mobil Balap dan Off-road saat Pandemik Covid-19 Mobil rally dan mobil off-road perlu dilakukan perawatan saat lama tak digunakan

KabarOto.com - Pemerintah meminta kepada masyarakat berada di rumah saja untuk menghentikan penyebaran virus Corona (Covid-19). Pemerintah pun melarang semua kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya pameran, konser musik, berkumpul di satu tempat makan atau kedai kopi bahkan event balap dan off-road pun harus ditunda karena virus ini.

Lalu bagaimana para pembalap dan off-roader merawat kendaraannya saat event tersebut ditunda entah sampai kapan? Julian Johan, off-roader muda yang sudah banyak menorehkan prestasi di berbagai kejuaraan memberikan cara merawat mobil off-road selama tidak digunakan.

Baca Juga: Digemari Pembalap, Apa Keuntungan Pakai Sasis Tubular?

Salah satu aksi off-roader di trek

"Sebenarnya untuk mobil off-road, ada atau tidak pandemik Covid-19 ini kalau memang lagi gak ada event, mobil di garasi bisa lama juga sampai beberapa bulan tak terpakai, jadi tak perlu perawatan khusus," terangnya saat diskusi online melalui akun Instagram KabarOto, Jum'at (24/4).

Dirinya menegaskan, paling penting adalah menggantung mobil, dan mematikan cut off supaya aki tidak tersedot kelistrikannya.

"Kaki-kaki harus digantung, pastikan tak ada arus baterai supaya kelistrikan dari tegangan aki gak berkurang. Kalau panasin gak perlu terlalu sering," tutupnya.

Gunakan dongkrak untuk menjaga ban dan suspensi tak tertekan bobot mobil

Karena yang terpenting menurut dia adalah sokbreker dan ban tidak dalam kondisi tertekan selama mobil tidur panjang, itu bisa merusak kompon ban dan juga sokbreker.

"Bannya terserah mau dilepas atau enggak, yang penting sokbreker dan ban tidak tertekan selama mobil tidak digunakan," tegasnya.

Selanjutnya adalah menguras bahan bakar, untuk menghindari air masuk ke dalam tangki mobil.

"Kalau kelamaan didiamkan jadi rontok kerak-kerak dalam tangki, mending di kuras terus digantung," tambah Jeje.

Lalu apakah harus dicuci dan di lap? Jeje pun menyerahkan kepada si pemilik, karena biasanya mobil balap atau off-road berdebu sampai sebulan tidak masalah, termasuk juga dengan mobil Jeje yang ada di garasi bengkelnya.

Baca Juga: Merdeka Speed Off-road Dan Sprint Rally 2019 Digelar Pekan Ini

"Kalau untuk nyuci sih terserah pemiliknya, karena biasanya kan mobil balap dibiarin debu sehari sampai sebulan tidak masalah, tidak seperti mobil harian. Yang penting komponennya aman, kaca berdebu tebal tidak masalah," pungkasnya.