Cara Mudah Membersihkan Logo Atau Emblem Kendaraan

Cara Mudah Membersihkan Logo atau Emblem Kendaraan Ilustrasi logo atau emblem mobil (KO/Edo)

KabarOto.com - Mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 makin meluas, beberapa daerah di Indonesia saat ini masih menerapkan peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Efeknya, masyarakat makin lama berada di rumah. Nah, agar tidak bosan selama di rumah, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan, khususnya dalam upaya menjaga kondisi kendaraan tetap prima.

Baca Juga: Ini 5 Mobil Mewah Dengan Harga Paling Mahal Di Dunia
Salah satu yang bisa dilakukan adalah membersihkan logo atau emblem mobil. Boleh dibilang, bagian ini sering luput dari perhatian. Padahal, kalau kondisinya kotor dapat mengganggu penampilan mobil secara keseluruhan.

Selain faktor estetika, logo juga bisa berpengaruh pada kesehatan, khususnya logo yang berada ditengah setir. Pada bagian tersebut, bisa menjadi tempat bersarangnya kotoran dan debu, karena sering dipegang oleh pengemudi, terutama saat menekan tombol klakson.

Emblem di roda kemudi

Namun sobat tak perlu khawatir, karena cara membersihkannya ternyata cukup mudah. Siapkan saja produk All Purpose Cleaner, yang memang diperuntukkan untuk otomotif.

"Produk All Purpose Cleaner, banyak tersedia di toko perkakas maupun toko variasi dan pusat perawatan mobil. Pastikan tidak pakai obat usir kerak yang biasa dijual di toko kimia," ujar Samsudin, National Technical Advisor Astra Peugeot.

Lebih lanjut ia mengatakan, cairan pembersih yang tidak tepat biasanya mengandung unsur acid. "Cairan ini dikhawatirkan akan merusak lapisan krom di logo dan emblem yang terbuat dari metal maupun plastik," tutur Samsudin.

Ilustrasi pembersih serba guna

Selain itu, siapkan juga perangkat pendukung seperti cotton bud serta sikat gigi berbulu halus yang biasa dipakai untuk bayi.

Jika semua perlengkapan dan material cairan pembersih sudah siap, sobat bisa langsung mulai dengan mengawali membersihkan area sekitar logo dengan air bersih.

Lalu, semprotkan cairan pembersih secara merata, dibagian logo yang akan dibersihkan. "Bisa disemprotkan agak banyak jika kotoran dirasa terlalu tebal," tambah Samsudin.

Cara yang sama untuk membersihkan emblem sepeda motor

Untuk proses perontokkan kerak, bisa dimulai dengan menggosokan sikat gigi bayi agar permukaan bodi tidak mudah tergores. Lakukan secara perlahan dan jangan ditekan terlalu keras.

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Aki Mobil Ala Mitsubishi
"Tapi jika masih ada kotoran yang melekat di celah kecil, barulah gunakan cotton bud dengan cara yang sama untuk menjangkaunya," ucap pria yang berkantor di Jl. Yos Sudarso Kav. 24, Sunter II, Jakarta Utara ini.

Setelah terlihat agak bersih, proses berikutnya adalah membilas bekas kotoran dengan air bersih. Lakukan berulang hingga kerak dan jamurnya benar-benar hilang. "Dan jika masih punya waktu, trik ini juga bisa dilakukan pada grill atau part-part berlapis krom di mobil," pungkasnya.