POPULAR STORIES

Tips Mudah Merawat Aki Mobil Ala Mitsubishi

Tips Mudah Merawat Aki Mobil ala Mitsubishi Ilustrasi pengecekan aki (KO/Edo)

KabarOto.com - Kondisi pandemi seperti saat ini, tentunya membuat Sobat KabarOto lebih banyak menghabiskan waktu #DiRumahAja, sehingga mobil kesayangan menjadi jarang digunakan.

Nah, ketika mobil jarang digunakan ini ada hal yang harus diperhatikan terutama soal perawatan aki atau baterai mobil. Pasalnya, saat mobil hanya parkir lama di garasi bukan malah membuat aki mobil menjadi lebih awet.

Baca Juga: Tips Ala Instruktur Safety Riding Agar Selalu Primamobil. Saat Mengendarai Motor

Justru sebaliknya, aki akan mudah tekor atau soak saat mesin dihidupkan. Hal ini diakibatkan tidak adanya siklus pengisian ulang yang biasa terjadi saat mesin hidup atau ketika mobil berjalan.

"Umumnya pada mobil yang jarang digunakan, Anda bisa merawatnya dengan cara memanaskan mesin sesekali waktu," ujar Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Lebih lanjut ia mengatakan, aki mobil juga butuh perawatan yang lebih detail khususnya mobil jarang dipakai. "Saat mobil hanya terparkir dalam waktu lama, tentu ada penurunan daya pada aki meskipun terbilang kecil," tutur Boediarto.

Mari kita simak cara merawat aki mobil seperti berikut ini:

Periksa jenis aki

Pertama adalah kenali dulu jenis aki mobil sobat, apakah tipe aki basah atau tipe aki kering (maintenance free). Pada tipe aki basah, mengecek kondisi aki bisa diperhatikan pada batas atas dan bawah cairan elektrolit.

Bila batas cairan mendekati batas bawah, berarti harus ditambah. Pada tipe aki kering (maintenance free), umumnya terdapat indikator warna kemampuan aki.

Periksa terminal aki

Warna biru menandakan aki masih dalam kondisi prima, warna putih tanda aki butuh tambah setrum, dan merah wajib ganti.

Periksa terminal aki

Langkah berikutnya dengan memeriksa terminal aki atau kondisi luar baterai. Jika ada kotoran berwarna putih seperti kerak maka harus segera dibersihkan.

Baca Juga: 3 Edisi Khusus Maserati, Hanya 100 Unit!

Lepas semua konektor aki, kemudian siram kerak putih tadi dengan menggunakan air hangat dan gunakan sikat halus.

Nyalakan mesin 3 hari sekali

Untuk tetap menjaga kondisi aki mobil tetap prima, ada baiknya sobat juga memanaskan mobil secara rutin. "Dengan menyalakan mesin setiap 3 hari sekali, bisa membuat aki mobil tetap terisi," jelas Boediarto.

Jaga putaran mesin konstan

Agar pengisian daya ke aki tetap maksimal, harus dijaga di putaran mesin 1.500 rpm, untuk itu sobat harus sedikit menekan pedal gas agar tekanan RPM bisa naik dan proses pengisian berjalan sempurna. "Paling ideal itu di atas 1.500 rpm," pungkasnya.