Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Audio Di Mobil

Cara Mudah Meningkatkan Kualitas Audio di Mobil

KabarOto.com – Setiap mobil penumpang biasanya sudah dilengkapi dengan audio bawaan pabrik. Namun memang kualitasnya terbilang biasa saja, namun untuk mobil premium biasanya sudah mengadopsi sistem audio ternama seperti JBL, Bose dan Focal.

Nah terkait hal tersebut, banyak orang ingin menuntut kualitas audio lebih baik sehingga lebih nyaman di dalam mobil mendengar lantunan musik dari daftar lagu favorit mereka. Namun masih banyak yang bingung apa komponen dari audio yang harus di-upgrade terlebih dahulu?

Baca juga: Ulang Tahun Ke-19, Venom Audio Luncurkan Beberapa Produk Baru

Cara paling mudah adalah tambahkan processor, subwoofer aktif serta peredam. Sudah sangat cukup untuk upgrade kualitas audio. “Kita sebut mobil baru, umumnya kita sudah mendapat head unit, dua speaker depan dan dua speaker belakang. Saran saya untuk upgrade audio itu lebih kepada processor built in amplifier ditambah subwoofer kolong, dan peredam di area yang memiliki speaker,” ujar Harten Widjaja selaku owner Audio Tones.

Tidak perlu pusing harus ganti speaker, menurutnya speaker bawaan pabrik sudah cukup baik dalam penggunaan harian. Hanya saja dari teknik sang instalatur, merupakan paling penting untuk memaksimalkan suara yang dihasilkan.

“Sejelek-jeleknya speaker, itu masih berbunyi. Di sini dibutuhkan teknik dari instalatur untuk membuat speaker standar ini maksimal. Otomatis apabila kita ingin up-grade audio, kita cukup menambahkan saja dan tidak perlu mengganti,” jelas pria ramah tersebut.

Penambahan processor tersebut akan meningkatkan panggung atau posisi suara, kelebihan dari alat tersebut adalah mengubah tata suara yang dihasilkan dari speaker standar mobil.

Pemasangannya tanpa merubah struktur asli kabel standar audio di mobil, begitu juga dengan subwoofer kolong yang tidak harus membongkar sistem audio standar mobil anda.

Baca juga: Meski Pandemik, Penjualan Venom Audio Merangkak Naik

Sementara penambahan subwoofer aktif berguna untuk menghadirkan suara gebukan bas yang lebih kuat, mendengarkan lagu-lagu dengan ritme tinggi dan dinamis akan terasa lebih menyenangkan dengan adanya subwoofer aktif ini.

Penambahan peredam berfungsi untuk meminimalisir suara atau gemuruh dari luar kabin kendaraan, biasanya pemasangan pada bagian bawah dasbor, pintu depan (kiri dan kanan) dan spatbor belakang. Khusus untuk pemasangan peredam pada pintu depan, akan meningkatkan kualitas suara bas dari speaker standar.

Sebagai gambaran soal harga, kisaran harga processor built amplifier itu mulai dari Rp 3 juta - Rp 6 jutaan, lalu subwoofer aktif kolong sekitar Rp 2,5 juta - Rp 3 jutaan. Dan peredam biasanya dengan kualitas alumunium butyl bagus berkisar Rp 200 ribu - Rp 300 ribu per lembar, 4 pintu saja sekitar Rp 1 jutaan pemasangan satu lembar.