POPULAR STORIES

Cara Mudah Menjaga Kondisi Ban Cadangan

Cara Mudah Menjaga Kondisi Ban Cadangan Ilustrasi ban cadangan

KabarOto.com - Beberapa sobat KabarOto mungkin pernah merasakan, ketika mengendarai mobil dengan asyik saat liburan, tiba-tiba dikejutkan dengan ban yang mendadak bocor oleh suatu sebab.

Tentunya kejadian ini sangat menyebalkan, apalagi bila ternyata ban cadangan juga bermasalah. Saat momen seperti ini, fungsi ban cadangan menjadi terasa amat penting. Maka dari itu, sebelum terlambat ban cadangan juga wajib untuk dijaga kondisinya agar tetap maksimal.

Baca Juga: Pakai Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek II Elevated, Ini Rest Area Terdekat

"Ban serep atau cadangan bertugas menggantikan ban utama pada saat komponen berputar itu mengalami kebocoran di jalan. Dengan adanya ban cadangan tersebut, mobil dapat kembali berjalan meskipun ada beberapa peraturan yang harus diikuti," ujar Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot.

Beberapa pabrikan menyediakan ban cadangan ukuran kecil

Lebih lanjut ia mengatakan, pertama kali yang harus diperhatikan adalah kualitas ban cadagan itu sendiri. Jika kondisi ban sudah hampir tipis dan akan digunakan, pastikan posisi pasangnya wajib di belakang.

"Hal itu untuk menghindari oversteer akibat mobil kehilangan grip ke aspal. Selain itu, pastikan mobil saat jalan tidak melebihi kecepatan ban yang disarankan," jelas Samsudin.

Ia juga menambahkan, jika ban cadangan masih dalam kondisi baik, yang perlu dilakukan agar performanya selalu prima dan siap digunakan setiap saat adalah dengan menjaga tekanan angin.

Hindari melaju dengan kencang saat menggunakan ban serep

"Jika roda utama menggunakan spesifikasi 32 bar, ban serep bisa diisi angin bertekanan hingga 50 bar. Karena ban lama diam, sangat mungkin turun tekanannya, dan saat difungsikan tekanan ban tidak kurang," wanti Samsudin.

Baca Juga: Deretan Mobil Eropa Yang Diluncurkan Pada Tahun 2019

Lalu, pastikan juga kondisi kebersihan ban cadangan saat disimpan. "Jangan gunakan cairan pengilap karena akan mempengaruhi kualitas ban yang jarang dipakai. Upayakan jaga kebersihan dan hindarin zat kimia untuk sekedar kosmetik belaka," jelas pria ramah tersebut.

Jika ban tersebut kotor, pastikan cukup dilap dengan kain lap yang kering, karena jika menggunakan kain lap basah, air bekas lap sangat mungkin mengendap dan membuat karat di pelek ban serep yang rata-rata menggunakan bahan pelat.