POPULAR STORIES

Pakai Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek II Elevated, Ini Rest Area Terdekat

Pakai Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek II Elevated, Ini Rest Area Terdekat Rest Area di Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek II Elevated

KabarOto.com - Mulai hari ini (15/12) pukul 06.00, jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated mulai beroperasi. Diputuskan hanya kendaraan golongan I yang dapat memasuki jalan tol tersebut, dan masih belum dikenakan tarif atau gratis.

Seperti yang sudah diberitahukan, tol elevated ini didesain untuk perjalanan jarak jauh. Sehingga memang tidak ada rest are sepanjang jalan tol elevated.

“Tol elevated Jakarta-Cikampek tidak memiliki gerbang masuk dan keluar di tengah jalan. Akses masuk dan keluar jalan tol hanya di Simpang Susun Cikunir dan Karawang Barat,” kata Budi Setiyadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan.

KabarOto sudah mencobanya jalan tol elevated II pada hari ini (15/12), dengan menggunakan kendaraan jenis hatchback menerobos jalan yang masih dalam kondisi baru tersebut.

Baca juga: Ini Yang Harus Diperhatikan di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II

Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek II Elevated

Tetapi ada yang harus Sobat KabarOto persiapkan, mulai dari bahan bakar di kendaraan, makanan atau minuman ringan, isi ulang e-toll hingga persiapan ke toilet.

Sepanjang jalan tol elevated ini, tidak ada rest area. Jalan ini hanya untuk digunakan melintasi secara langsung dari Jakarta hingga Karawang Timur sejauh 36,4 km.

Jika Sobat KabarOto hendak menuju arah Cikampek melalui Tol Dalam Kota dari arah Halim atau Cawang, masuk jalan tol elevated di akses simpang susun Cikunir Km 10.

Sebelum memasuki jalan tol elevated tersebut, Sobat KabarOto bisa memasuki rest area Km 06 yang cukup besar dan lengkap.

Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek II Elevated

Sementara untuk pengguna jalan dari arah Jalan Tol JORR dari arah Jatiasih, pengguna jalan dapat masuk melalui akses Km 45 Jalan Tol JORR, pengguna jalan tol dari arah Rorotan masuk di akses Km 46 Jalan Tol JORR.

Setelah mengakhiri perjalanan tol elevated di Km 46, terdapat rest area di Km 57.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek II Elevated

Rest area Km 57 memiliki fasilitas lengkap, di rest area ini sistem pengisian SPBU menggunakan metode 'self service'. Juga tersedia berbagai makanan baik model cepat saji maupun tradisional.

Untuk arah kembali menuju Jakarta, Sobat KabarOto bisa memanfaatkan rest area di Km 50 dan 46. Rest area Km 50 ini terbilang besar, tersedia berbagai macam makanan ringan dan berat, restoran cepat saji, tempat membeli oleh-oleh dan SPBU.

Sebagai informasi, pada tol elevated ini, kecepatan kendaraan juga akan dibatasi antara 60-80 kpj dengan pengawasan Electronic Traffic Law Enforcement.

Oleh karena itu, kami mengimbau Sobat KabarOto untuk memastikan saldo e-toll dan bensin dalam keadaan cukup, serta pengemudi dan kendaraan dalam kondisi terbaiknya.