POPULAR STORIES

Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Presiden Joko Widodo Resmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek Tol Japek II (PUPR)

KabarOto.com - Setelah ditunggu-tunggu oleh masyarakat, akhirnya Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Elevated Tol Jakarta-Cikampek, pada hari Kamis ini (12/12). Lebih cepat dari yang dijadwalkan 15 Desember mendatang.

Diresmikannya tol sepanjang 36,4 km ini, diharapkan bisa menjawab keluhan masyarakat atas macetnya Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang berada di bawahnya. Seperti diketahui, Jalan Tol Japek kerap mengalami kemacetan parah, karena volume kendaraan yang padat.

Baca Juga: Gratis Sampai Akhir Tahun 2019, Begini Kondisi Jalan Tol Kunciran-Serpong

"Alhamdulillah pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated rampung dan segera bisa kita manfaatkan. Banyak keluhan masyarakat karena saya kalau sudah lewat yang namanya Cikampek atau Japek macetnya bisa berjam-jam. Kita harap persoalan itu sudah tak kita dengar lagi," ujar Joko Widodo.

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Jalan Tol Japek II akan siap mendukung Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Saat ini, konstruksi seluruhnya sudah selesai dan dinyatakan aman dilalui kendaraan setelah melalui serangkaian uji beban serta pengujian langsung dengan melintasi jalan tol tersebut.

Diharapkan mengurai kemacetan hingga 30 persen

"Untuk konstruksi dipastikan aman karena sudah dilakukan uji beban. Tinggal menghaluskan bagian sambungan jembatan (expansion joint) untuk menambah kenyamanan. Tadi kita sudah coba 80 km/jam masih cukup nyaman, itu kecepatan maksimum di jalan tol ini," kata Basuki.

Baca Juga: Dukung MotoGP 2021, Pemerintah Bangun Jalan Bypass Dari Bandara Lombok Ke Mandalika

Ia melanjutkan, usai diresmikan Presiden Joko Widodo, jalan tol tersebut rencananya baru akan dibuka untuk umum sekitar 2-3 hari kemudian, setelah dilakukan pembersihan dan memastikan kelengkapan rambu jalan.

"Diusahakan lebih cepat lebih baik, tapi sebelum tanggal 20 Desember 2019 dipastikan sudah bisa dipakai untuk umum tanpa tarif, hingga masa Libur Natal dan Tahun Baru 2020," ujarnya.