POPULAR STORIES

Tol Japek II Siap Beroperasi Fungsional Saat Arus Balik Libur Nataru

Tol Japek II Siap Beroperasi Fungsional Saat Arus Balik Libur Nataru Japek II Selatan bisa diakses langsung dari arah bandung saat arus balik. Percabangan ini berada di km 76 tol Cipularang arah Jakarta (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - PT Jasa Marga (Persero) menyiapkan tol Jakarta-Cikampek II (Japek II) Selatan sepanjang 8,5 kilometer untuk dioperasikan saat arus balik musim libur Natal dan Tahun Baru. Nantinya, operasional Tol Japek II Selatan disesuaikan dengan kondisi kepadatan di Simpang Susun Dawuan atau kilometer 66 tol Japek yang menjadi pertemuan antara arus lalu lintas dari arah tol Cipali dan dari arah Bandung.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator, Yoga Tri Anggoro menjelaskan penentuan jadwal buka tutup ruas tol Japek II Selatan ditentukan melalui koordinasi bersama pihak kepolisian dengan memperhatikan sejumlah parameter kepadatan yang telah ditentukan.

Baca Juga: Begini Tips Taklukkan Tanjakan Dan Turunan Menggunakan Sepeda Motor

"Kita berkoordinasi dengan kepolisian kapan dibuka dan kapan ditutupnya situasional ini. Kita sudah punya parameter-parameternya sehingga buat masyarakat bahwa tidak ada jam tertentunya untuk Japek II Selatan," ujar Yoga.

Tol Japek II Selatan akan dikenakan taping kartu di Gerbang Tol Kutanegara karena terintegrasi dengan jalur tol yang sudah beroperasi.

"Transaksi ini adalah transaksi untuk tarif tolnya Cipularang, Padaleunyi, Cisumdawu, ataupun Soroja," terang Yoga.

Tol Japek II Selatan (kanan) terlihat dari gerbang tol Sadang, Purwakarta, Jawa Barat. (Foto: KabarOto)

Dikarenakan Jalan Tol Japek 2 Selatan ini bersifat fungsional, maka tidak ada pengenaan tarif, sehingga kalaupun ada transaksi di gerbang tol Kutanegara maka itu adalah jumlah tarif yang dikenakan kepada pengguna jalan ketika masuk dari gerbang tol tertentu.

Nominal itu sama dengan tarif yang pengguna tol bayarkan ketika keluar di Gerbang Tol Sadang, hanya saja ditransaksikan di Gerbang Tol Kutanegara dengan jumlah tarif yang sama.

Adapun golongan kendaraan yang diizinkan melintas di Jalan Tol Japek 2 Selatan ini ketika dibuka secara situasional yakni kendaraan Golongan I non-bus.

Baca Juga: Aprilia Indonesia Berikan Tips Track Day Di Sirkuit

Selain Japek II Selatan, Jasa Marga juga mengoperasikan secara fungsional ruas tol Yogyakarta-Solo mulai tanggal 22 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024 pada pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik.

Pada ruas tol fungsional akan disiapkan kendaraan derek, patroli, jasa pengisian bahan bakar, dan rambu-rambu pendukung untuk membantu para pengendara ketika melewati jalur tersebut.

"Brosur-brosur juga kita siapkan yang isinya adalah berbentuk peta petunjuk buat pengguna jalan lewat jalur arterinya mana," tambah Yoga.