Dukung MotoGP 2021, Pemerintah Bangun Jalan Bypass Dari Bandara Lombok Ke Mandalika

Dukung MotoGP 2021, Pemerintah Bangun Jalan Bypass dari Bandara Lombok ke Mandalika Ilustrasi kasawan Mandalika (PUPR)

KabarOto.com - Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terus memberikan dukungan infrastruktur bagi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Salah satu dukungan diberikan adalah, pembangunan jalan akses bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju KSPN Mandalika.

Baca Juga: Ini Dia, New GLC Dan New GLE Rakitan Mercedes-Benz Indonesia

"Pembangunan jalan bypass BIL - Mandalika ini akan mendukung naiknya lonjakan pengunjung di NTB, serta menjaga kondisi jalan eksisting yang kerap digunakan penduduk lokal," tutur Direktur Pembangunan Jalan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR Achmad Herry Marzuki.

Pembangunan jalan akses bypass BIL - Mandalika akan dilaksanakan awal tahun 2020 dengan panjang 17 meter yang terdiri dari 4 jalur dan lebar 50 meter dengan 2 jalur cepat dan 2 jalur lambat.

Dari Bandara Lombok langsung menuju kawasan KSPN Mandalika

Jalan bypass ini memiliki typical design overpass/underpass, dan rencananya siap digunakan pada akhir tahun 2020. Jalan itu pula nantinya akan mendukung pelaksanaan MotoGP di Mandalika pada tahun 2021.

Selain itu, salah satu alasan pembangunan jalan akses bypass BIL - Mandalika, termasuk juga dalam upaya menjaga hutan lindung, budaya lokal, dan desa adat di jalan eksisting saat ini.

Kondisi jalan eksisting yang dekat dengan permukiman penduduk, berpotensi menimbulkan kepadatan dan kemacetan jalan.

Baca Juga: Sah! Ini Dia Bentuk Sirkuit MotoGP Mandalika

Sebab, pada jalan eksisting kerap digunakan untuk pelaksaan tradisi budaya lokal, seperti nyongkolan dan bau nyale, sehingga berpotensi mengganggu keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

"Kami berharap agar pembangunan di bidang infrastruktur dan transportasi dapat mempercepat bergeraknya sektor ekonomi dan sektor lainnya, karena jika ini selesai terbangun yang akan berdampak terhadap peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan adalah masyarakat di NTB," Pungkas Achmad.