POPULAR STORIES

Sah! Ini Dia Bentuk Sirkuit MotoGP Mandalika

Sah! Ini Dia Bentuk Sirkuit MotoGP Mandalika Replika motor MotoGP (KO/Edo)

KabarOto.com - Para penggemar MotoGP di Indonesia pasti bakal merasa bahagia, nih. Pasalnya, balapan motor kelas dunia rencananya akan digelar di Sirkuit Mandalika pada tahun 2021.

Hal tersebut dipastikan pada hari Sabtu akhir pekan lalu, (23/11), saat Mandalika Grand Prix Association (MGPA) yang merupakan unit usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), menggelar acara kickstart Race to 2021.

Baca Juga: Triumph Street Triple RS 2020 Motor Naked Bermesin Moto2

MGPA sebagai pengelola Sirkuit Mandalika dan organizer MotoGP Indonesia 2021, secara resmi meluncurkan desain final Mandalika International Street Circuit (Sirkuit Mandalika).

Sporting Director Dorna Carlos Ezpelata mengatakan, "Kami sangat-sangat antusias untuk mengadakan event MotoGP dan World Superbike di The Mandalika. Kami senang membawa event balap motor ini ke Indonesia karena Indonesia sangat penting bagi kami."

Peresmian kepengurusan Sirkuit Mandalika

Menariknya, acara itu juga dihadiri legenda balap motor asal Australia, sekaligus juara MotoGP lima kali berturut-turut 1994 - 1998, Michael Doohan. "Sirkuit Mandalika ini memiliki keunikan tersendiri," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa Sirkuit Mandalika merupakan sebuah sirkuit dengan jenis fast sirkuit, yang memiliki background pemandangan yang unik. "Saya rasa ini akan menjadi lokasi balapan dan destinasi wisata yang sangat menarik," pungkasnya.

Baca Juga: Ini Motor Gahar Jokowi Yang Dipakai Saat Pembukaan Asian Games 2018

Sementara Komisaris Utama MGPA, Abdulbar M. Mansoer mengatakan, sejak dimulai September 2019, saat ini pengerjaan telah memasuki progress ground works sebesar 30%.

"Kegiatan pengaspalan permukaan sirkuit akan dimulai pada Januari 2020 oleh PT Waskita Karya. Rencananya akan selesai pada akhir 2020. Hingga saat ini, progress pembangunan masih sesuai jadwal," tutur Abdulbar.