POPULAR STORIES

Triumph Street Triple RS 2020 Motor Naked Bermesin Moto2

Triumph Street Triple RS 2020 Motor Naked Bermesin Moto2

KabarOto.com - Pabrikan motor asal Inggris, yaitu Triumph kembali merilis motor terbarunya. Kali ini, motor yang dirilis adalah Triumph Street Triple RS 2020. Motor naked ini dirilis menyusul versi fairingnya, Triumph Daytona yang diluncurkan beberapa bulan lalu.

Secara tampilan, Triumph Street Triple RS ini masih mirip dengan versi terdahulunya. Ciri khas Triumph Street Triple, yaitu lampu depan bulatnya masih dipertahankan. Meskipun demikian, juga terdapat beberapa perubahan di motor ini.

Baca juga: Ini Triumph Daytona Moto2 765 Edisi Terbatas

Seperti di bagian depan motor ini. Bagian depan motor ini memang merupakan bagian paling unik. Triumph Street Triple 2020 ini masih menggunakan model dual head lamp. Bentuknya juga masih menggunakan model membulat. Meskipun di motor baru ini, bentuknya tidak sebulat versi terdahulunya. Juga ada aksen DRL di head lamp barunya ini. Bentuk head lamp terbaru ini, juga menjadi unik, seperti sepasang mata yang sedang marah

Untuk bagian kaki kaki depannya, motor ini sudah menggunakan suspensi upside down. Dengan ukuran 41 mm, bermerek Showa. Bagian peleknya menggunakan pelek palang 5 berukuran ring 17 dengan lebar 3,5 inci. Dibalut dengan ban berukuran 120/70. Pelek belakang berukuran ring 17, dengan lebar 5,5 inci dengan ban berukuran 180/55.

Ke bagian samping dari motor ini desain rangka dan bodi untuk Triumph Street Triple 2020 ini terlihat lebih sangar dan dinamis. Dibandingkan dengan versi terdahulunya. Pada motor ini, Triumph tidak lupa menyematkan detail-detail. Seperti misalnya engine cover dengan logo Triumph.

Instrument cluster dari motor ini sudah menggunakan layar TFT. Selain itu layar ini juga dapat terhubung ke smartphone. Melalui aplikasi My Triumph. Selain itu, juga terdapat mode berkendara yang dapat diatur pada motor ini. Yaitu Road, Rain, Sport, Track, serta satu mode lagi, yang dapat disesuaikan lagi.

Pada bagian belakang motor ini, ada beberapa bagian yang terlihat berubah dari varian terdahulunya. Yang paling terlihat adalah bagian knalpotnya, sudah tidak lagi menggunakan knalpot undertail. Seperti generasi sebelumnya. Melainkan knalpotnya sudah pindah ke bagian bawah.

Untuk bagian kaki-kaki belakang, menggunakan arm model banana. Berpadu dengan sokbreker Ohlins STX40 fully-adjustable. Sementara Untuk menghentikan laju motor ini, juga sudah disematkan rem ABS dual disk brake dengan kaliper dari Brembo M50 dengan 4 piston radial monoblok di depan, belakang juga menggunakan single disc brake lansiran Brembo.

Baca juga: Patut Ditunggu, Triumph Rocket 3 Terbaru akan Segera Rilis

Jantung pacu dari motor ini adalah bagian yang paling menarik. Mesin Triumph Street Triple 2020 ini sudah menggunakan mesin berkubikasi 765 cc. Dengan konfigurasi 3 silinder, khas motor sport Triumph. Mesin ini juga merupakan mesin yang dipasok Triumph, untuk kompetisi balap Moto2.

Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan mesin ini adalah 121 dk. Diperoleh di rpm atas, di angka 11.750 rpm. Torsinya ada di angka 79 Nm @ 9.350rpm. Tenaga mesin ini disalurkan ke roda belakang. Melalui gearbox 6 percepatan, yang dilengkapi dengan Triumph Shift Assist, serta quickshift naik dan turun.

Berbicara soal harga motor ini. Sayangnya belum ada informasi resmi. Terkait harga motor naked Inggris ini. Namun, semoga kelak motor ini masuk ke Indonesia ya. (Gregorius Nikolaus.P)