Patut Ditunggu, Triumph Rocket 3 Terbaru Akan Segera Rilis  

Patut Ditunggu, Triumph Rocket 3 Terbaru Akan Segera Rilis   Foto: Triumph

Kabaroto.com - Pabrikan motor asal Inggris Triumph, akan segera merilis varian terbarunya. Motor yang akan segera dirilis ini adalah Triumph Rocket 3, pengembangan dari versi terdahulunya. Tak tanggung-tanggung, motor ini memiliki kapasitas mesin sangat besar yaitu 2.500 cc.

Triumph Rocket 3 ini hadir dalam dua varian, yaitu Rocket 3 R dan Rocket 3 GT. Tidak banyak perbedaan dari desain kedua motor ini. Dilansir dari ultimatemotorcycling.com, posisi tuas kaki Rocket 3 GT berada lebih di depan. Dibanding Rocket 3 R yang tuasnya berada lebih ke tengah.

Baca juga: Mengintip Proyek Radikalisme, Triumph Street Triple R 675 2014

Triumph Rocket 3 GT (kiri), Triumph Rocket 3 R (kanan)

Rocket 3 R juga pakai setang yang lebih sporty, dibandingkan setang dengan gaya touring pada Rocket 3 GT. Selain itu juga ada perbedaan di sandaran penumpang belakang. Sandaran hanya terdapat di varian GT. Selebihnya tidak ada lagi perbedaan dari kedua varian ini.

Desain motor ini terlihat lebih modern dibanding varian terdahulunya. Bagian depannya khas Triumph, dengan penggunaan dua lampu bulat. Selain itu, terdapat pelek multipalang berukuran 17 inci. Pelek ini dibungkus ban gambot yaitu 150/80.

Baca juga: Test Ride - New Ducati Monster 821 2019, Si Legendaris Pengabdi Torsi

Bagian kaki-kaki depan telah dilengkapi dengan sokbreker model upside down adjustable 47 mm dari Showa. Dan sistem pengereman sudah menggunakan kaliper Brembo double cakram di depan dan cakram tunggal di belakang.

Lihat dari samping, tangki bahan bakar berkapasitas 18 liter terlihat cukup besar. Di bagian bawah tangki ini terdapat radiator, berfungsi untuk mendinginkan mesin besar di belakangnya. Blok mesin berkubikasi 2.500 cc juga terlihat mendominasi bagian samping. Dengan knalpot stainless steel di sisi kanan.

Kaki-kaki belakang, sokbrekernya menggunakan monoshock adjustable Showa. Roda belakangnya menggunakan pelek multipalang berukuran 16 inci, dan dibalut ban gambot berukuran 240/50.

Berbicara soal mesin, Triumph Rocket adalah salah satu mesin motor dengan kubikasi terbesar di dunia. Pada Triumph Rocket 3 mesinnya berkubikasi 2.500 cc dengan konfigurasi 3 silinder. Dilansir dari laman resmi Triumph, tenaga puncaknya ada di angka 165 dk pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 221 Nm di 4.000 rpm.

Tenaga sebesar ini disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 6 percepatan, dengan gardan sebagai sistem penggerak roda belakangnya.

Baca juga: Triumph Luncurkan Tiger XCX 800, Harganya Rp475 Jutaan

Selain bermesin besar, motor ini juga disematkan beberapa teknologi untuk membantu pengendara. Dilansir dari website resmi Triumph, fitur-fitur tersebut di antaranya:

  • Instruments cluster dengan layar TFT generasi kedua, yang lebih fungsional
  • Cornering ABS dan traction control yang telah dioptimalkan
  • 4 jenis riding mode (Road, Rain, Sport and Rider-Configurable modes)
  • Semua lampu LED dengan DRL
  • Hill hold control
  • Cruise control
  • Keyless ignition dan steering lock
  • Pemanas tangan standar di model GT (opsional pada model R)
  • USB charging socket
  • Triumph Shift Assist (Opsional)
  • Aksesori motor yang terintegrasi GoPro Control System
  • Turn by turn navigation (didukung oleh Google)
  • Aplikasi ‘MyTriumph’ secara gratis (tersedia untuk iOS dan Android)
  • Bluetooth phone and music operation
  • Aksesori untuk memonitor tekanan ban

Rencananya, Triumph Rocket 3 akan diluncurkan pada Januari 2020. Harganya belum ada informasi yang tersedia. Kira-kira motor ini masuk ke Indonesia atau tidak ya? Kita tunggu saja nanti ya. (Gregorius Nikolaus.P)

Data Spesifikasi

Tipe: Longitudinal inline-3, DOHC, Pendingin Cairan

Kapasitas: 2.458 cc

Bore x stroke: 110.2 x 85.9 mm

Tenaga Maksimum: 165 dk @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum: 221 Nm @ 4.000 rpm

Sistem Bahan Bakar: EFI dengan ride-by-wire

Exhaust: Stainless steel 3-into-1 header

Transmisi: 6-speed

Kopling: Hydraulically actuated w/ torque-assist

Penggerak: Gardan

Dimensi (L x T): 889 x 1.065 mm

Tinggi Jok: 773 mm

Wheelbase: 1.677 mm

Rake: 27,9 º

Bobot Kotor: 291 kg

Kapasitas Tangki: 18 Liter