Cara Mudah Merawat Mobil Berkelir Putih

Cara Mudah Merawat Mobil Berkelir Putih Cara merawat mobil berwarna putih (Deni/Kabaroto)

KabarOto.com - Mobil berkelir putih kini menjadi salah satu mobil yang cukup diminati di Indonesia. Banyak orang menilai mobil dengan warna putih menampilkan kesan elegan, dan memberikan kesan yang segar. Hal tersebutlah yang mendorong warna putih menjadi warna favorit bagi banyak masyarakat di Tanah Air.

Belakangan, mobil berwarna putih diklaim lebih cepat dijual kembali ketimbang mobil dengan warna lainnya. Meski begitu, jika tidak mengerti untuk merawatnya, mobil berwarna putih pun ternyata memiliki beragam risiko.

Alhasil mobil berkelir putih membutuhkan perhatian khusus dari para pemiliknya, mengingat warna ini sangat rentan pudar dan berubah menjadi kusam bila terkena kotoran.

Baca juga: Catat, Begini Tanda Busi Mulai Bermasalah

Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti yang tim KabarOto rangkum berikut ini.

Cara merawat mobil berwarna putih
Cara merawat mobil berwarna putih (Istimewa)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah pastikan Anda mencuci mobil dengan menggunakan air bersih secara rutin, khususnya ketika memasuki musim hujan. Jika menggunakan jasa tempat pencucian mobil, alangkah baiknya untuk lebih cermat melihat kualitas air yang digunakan, karena dapat berpampak pada munculnya jamur.

Langkah kedua yang tak kalah penting adalah, hindari mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung. Karena dapat mengakibatkan cairan pembersih mudah menempel pada bodi. Biasanya jika cairan pembersih menempel, dapat menimbulkan bercak pada tampilan luar mobil.

Langkah ketiga, pastikan mobil kesayangan menggunakan sampo khusus kendaraan yang berkualitas, agar hasil cucian mobil lebih maksimal.

Selain itu, lakukan pencucian dari bagian atas ke bawah. Hal tersebut bertujuan agar air sabun serta kotoran bisa langsung menuju ke bawah dan tidak berpindah ke celah-celah yang sempit di bodi mobil.

Langkah terakhir, pastikan proses pengeringan bodi menggunakan kain berdaya serap tinggi. Hal ini bertujuan agar tidak ada sisa air cucian yang menempel di permukaan bodi. Jika masih mendapati air di bodi mobil, segera keringkan dengan kain halus.

Tidak sampai di situ, untuk merawat mobil bernuansa putih sebaiknya bersihkan jamur pada cat dengan menggunakan cairan khusus, agar permukaan cat tetap berkilau.

Di luar perawatan, diharapkan untuk lebih memperhatikan dimana lokasi parkir mobil agar tidak terkena sinar matahari secara langsung, karena mengakibatkan cat menjadi cepat kusam.