Cara Mudah Merawat Mobil Bermesin Diesel

Cara Mudah Merawat Mobil Bermesin Diesel Foto PTPL

KabarOto.com - Saat ini mobil bermesin diesel masih banyak diminati. Pasalnya ada beberapa keunggulan mobil bermesin diesel dibandingkan mesin bensin. Di antaranya adalah soal efisiensi konsumsi bahan bakar. Mesin ini diklaim memiliki efisiensi panas lebih besar. Mesin diesel juga dikenal lebih tahan lama, tidak mudah rusak.

Berikutnya tentang torsi yang dikeluarkan mobil mesin diesel lebih besar dari bensin. Kompresi lebih tinggi dibanding bensin.

Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT.Pertamina Lubricants mengatakan, mobil bermesin diesel modern sudah menggunakan teknologi common rail. Membuat kendaraan ini minim getaran, emisinya juga lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Penting Diketahui, Ini Fungsi Pelumas Untuk Kendaraan Bermotor

Brahma menjelaskan cara merawat mesin disel. “Merawat kendaraan diesel harus rutin mengganti oli mesin, dan memilih yang tepat,” jelas dia.

Pelumas sintetic (Foto: PTPL)

Gunakan oli mesin memiliki spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan. Selain itu juga penggantian oli mesin sesuai jadwal perawatan berkala pada buku manual atau buku servis.

Memilih oli diesel harus berdasarkan materialnya, mineral dan sintetik. “Untuk mobil penumpang bermesin diesel modern, oli sintetik merupakan pilihan,” tambahnya. Dapat memberikan perlindungan lebih baik, jika dibanding oli berbahan mineral.

Salah satu pilihan oli untuk mesin diesel yang memiliki kandungan sintetis adalah Fastron Diesel, dirancang khusus untuk mesin diesel kendaraan penumpang modern.

Pelumas Pertamina Fastron Diesel 15W-40 ini memiliki spesifikasi API CI-4 sehingga cocok untuk mobil diesel dengan teknologi common rail.

Baca juga: Waspada, Begini Cara Bedakan Pelumas Asli Pertamina Dengan Yang Palsu

“Pelumas ini memberikan perlindungan maksimum mengunakan teknologi NanoGuard,” jelas Brahma. Bahan tersebut bisa melindungi mesin lebih lama. Cocok untuk mesin diesel modern yakni yang sudah mengadopsi sistem common rail injection, atau terdapat exhaust gas recirculation (EGR).

Pelumas Fastron Diesel ini juga memiliki fungsi sebagai penetralisir asam hasil pembakaran yang dinotasikan dengan angka total base number (TBN). Untuk oli mesin diesel umumnya memiliki angka TBN >10 mgKOH/g.

Asam ini berasal dari pembakaran sulphur yang terkandung dalam bahan bakar dan bersifat korosif, sebab itu oli harus diganti secara rutin karena lama kelamaan angka TBN ini akan turun seiring pemakaian.