POPULAR STORIES

Waspada, Begini Cara Bedakan Pelumas Asli Pertamina Dengan Yang Palsu

Waspada, Begini Cara Bedakan Pelumas Asli Pertamina dengan yang Palsu Oli Pertamina (Pertamina)

KabarOto.com - Proses produksi pelumas oleh PT Pertamina Lubricants (PTPL) ditunjang dengan sumber daya human capital, teknologi, pengetahuan, finansial, fasilitas produksi hingga R&D yang andal.

Pelumas Pertamina yang tersertifikasi juga diklaim telah mendapatkan pengakuan dunia internasional terutama dari badan-badan uji pelumas International seperti API, ACEA, JASO, dari Original Engine Manufacturer (OEM).

Direktur Utama PTPL, Werry Prayogi mengatakan, “Sudah merupakan tanggung jawab kami untuk memberikan produk terbaik untuk konsumen dan masyarakat. Dengan banyaknya peredaran pelumas palsu belakangan ini, kami mendukung penuh berbagai upaya yang dilakukan oleh instansi penegak hukum untuk menangani kasus-kasus pemalsuan pelumas yang beredar di tengah masyarakat,"

Baca Juga: PT Pertamina Lubricants Luncurkan Oli Enduro 4T Racing Edisi Spesial Mandalika

Ia pun berbagi cara membedakan pelumas asli dan palsu, khususnya pada kemasan produk pelumas Pertamina:

1. QR Code di stiker label

Setiap produk memiliki masing-masing kode unik yang berbeda terdiri dari 9 karakter berupa huruf dan angka, di inject langsung dari mesin printer pada saat proses Produksi stiker label.

2. Tutup botol

Pada bagian atas tutup botol tampak hologram original halus dengan karakter titik (dot) dibaca dengan kemiringan 45 derajat.

3. Tutup dan Leher botol

Terdapat 8 digit nomor batch dengan posisi lurus tegak dan sejajar.

4. Tampilan botol dengan teknologi triple layer

Saat tutup botol dibuka, tampilan warna botol bagian dalam berbeda dengan bagian luar.

Baca Juga: Pertamina Lubricants Jadi 15 Perusahaan Pelumas Terbesar Di Dunia

PTPL terus mengimbau agar seluruh masyarakat untuk membeli pelumas Pertamina dari bengkel langganan terpercaya/ kendaraan resmi, atau dari outlet resmi Pertamina Lubricants seperti SPBU, Olimart dan Enduro Express.