Penting Diketahui, Ini Fungsi Pelumas Untuk Kendaraan Bermotor

Penting Diketahui, Ini Fungsi Pelumas untuk Kendaraan Bermotor Pelumas mesin (Foto: PTPL)

KabarOto.com - Pelumas atau oli, merupakan cairan mengandung zat aditif, dan selalu dibeli oleh pemilik kendaraan. Pabrikan melalui buku panduan, mengharuskan konsumennya mengganti pelumas tepat waktu, sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Namun, Anda harus ketahui apa sebenarnya fungsi oli bagi kendaraan, sehingga pabrikan dan para mekaniknya menyarankan untuk mengganti oli tepat waktu.

Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Waspada, Begini Cara Bedakan Pelumas Asli Pertamina Dengan Yang Palsu

1. Pelumas

Fungsi utama oli mesin adalah melumasi setiap komponen mesi, untuk mencegah terjadinya gesekan antar suku cadang, seperti piston dan dinding silinder. Meski begitu, pemilik harus jeli memilih produk berkualitas, sesuai spesifikasi dan kebutuhan kendaraan.

Pemeriksaan pelumas mobil (Foto: PTPL)

2. Mencegah kebocoran gas di ruang bakar

Oli mesin juga berfungsi mencegah terjadinya kebocoran gas di ruang bakar. Contoh, melumasi antara dinding silinder dan piston, merapatkan antar keduanya, agar tidak ada kebocoran gas di ruang atas maupun bawah piston.

3. Mendinginkan mesin

Suhu panas pada mesin wajar terjadi, saat seluruh komponen berkerja. Oli mesin tugasnya mendinginkan, suhu mesin akan tetap ideal. Namun, jangan berharap kondisi ini terasa ketika Anda telat atau bahkan lupa melakukan penggantian oli.

Untuk diketahui, pada kasus tertentu oli mesin juga dapat menguap seiring pemakaian. Jadi, sangat mungkin overheat terjadi ketika Anda lalai dalam kegiatan ini.

Mekanik mengganti pelumas mobil (Foto: PTPL)

Brahma Putra Mahayana, Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) mengatakan, oli mesin mempunyai masa pakai selama 6 bulan atau beberapa kilometer, mana yang tercapai lebih dahulu. “Rekomendasi tersebut biasanya dicantumkan oleh pabrikan kendaraan di manual book,” katanya.

4. Pengendali kontaminan

Meski bertugas melindungi, gesekan antar komponen mesin tidak dapat dihindari. Tapi oli mesin ini pengendali kontaminan, sebut saja logam-logam dari hasil gesekan antar spare part. Oli nantinya akan membawa serpihan atau kotoran-kotoran tersebut ke filter.

5. Mencegah karat

Setiap komponen mesin terbuat dari bahan logam, sehingga akan mudah berkarat. Oli ini untuk mencegah karat, menghinggapi bagian-bagian mesin itu. Namun, konsumen harus memperhatikan betul kondisi serta volume dari oli mesin kendaraan.

Baca Juga: Banyak Kerugian, Pertamina Tindak Tegas Pemalsuan Pelumasnya

Produk pelumas juga harus dipilih, sesuai dengan kebutuhan. Dari sekian banyak merek oli, pelumas Pertamina bisa menjadi pilihan. Mereka punya produk dengan formulasi Nano Guard Technology, pelumas sintetis untuk mesin bensin terbaru, dirancang untuk melindungi mesin dan membersihkannya secara menyeluruh, sampai celah tersempit.