POPULAR STORIES

Carlos Sainz, Lance Stroll, Dan Yuki Tsunoda Terkena Penalti 3 Grid Di Kualifikasi F1 Kanada 2023

Carlos Sainz, Lance Stroll, dan Yuki Tsunoda Terkena Penalti 3 Grid di Kualifikasi F1 Kanada 2023 Foto : F1.

KabarOto.com - Setelah Nico Hulkenberg (Haas) yang harus terpaksa kehilangan start dari posisi kedua, dan turun 3 grid, pembalap lain yakni Carlos Sainz (Scuderia Ferrari), Lance Stroll (Aston Martin) dan Yuki Tsunoda (AlphaTauri) pun ikut terkena penalti grid.

Carlos Sainz telah diberikan penurunan grid tiga tempat, dinyatakan bersalah oleh pengurus karena menghalangi Pierre Gasly (Alpine).

Sainz mengaku terkejut karena Tsunoda menyusulnya di Tikungan 13, dan membuatnya telat bereaksi sehingga mobilnya menghalangi Gasly yang berada di belakangnya dengan perbedaan kecepatan cukup jauh.

Baca Juga : Jadwal F1 Kanada 2023, Kesempatan Balas Dendam Sergio Perez

Yuki Tsunoda dan Lance Stroll juga terkena penalti grid tiga tempat. Tsunoda kehilangan tiga dari posisi kualifikasi tempat ke-16, sementara Stroll turun tiga posisi dari hasil tempat ke-13.

Tsunoda dianggap menghalangi Hulkenberg setelah melebar di tikungan 10. “Mobil 27 (Hulkenberg) dan mobil 22 (Tsunoda) sama-sama melakukan lap cepat dengan mobil 22 di depan.

"Mobil 27 melaju dan memasuki Tikungan 10, mobil 22 melebar dan kemudian kembali ke lintasan di depan mobil 27," bunyi pernyataan Steward.

Baca Juga : Kualifikasi F1 Kanada 2023, Max Verstappen Posisi Pertama Dan Nico Hulkenberg Kena Penalti

Lalu Stroll, Steward menjelaskan. “Pengemudi mobil 18 (Stroll) menyatakan bahwa meskipun ia mengetahui mobil 31 (Esteban Ocon) mendekat, dia tidak punya pilihan selain tetap berada di garis balap kering karena bannya soft karena trek basah," ujar pernyataan Steward.

Menurut Steward, Stroll bisa mengurangi kecepatan di jalan lurus antara Tikungan 7 dan 8 serta membiarkan Ocon lewat.

Starting Grid F1 Kanada 2023 :