POPULAR STORIES

Carlos Sainz Terkena Penalti F1 Las Vegas 2023 Karena Drain Cover

Carlos Sainz Terkena Penalti F1 Las Vegas 2023 Karena Drain Cover Foto : F1.

KabarOto.com - Sesi latihan bebas pertama di F1 Las Vegas 2023 berjalan cukup kacau, dan berakhir lebih cepat di bawah bendera merah. Karena drain cover di beberapa bagian rusak atau terlepas.

Hal sederhana ini saja mampu merusak bagian lantai mobil milik Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) bahkan bagian lantai dari mobil Sainz mengalami kerusakkan parah, dan harus melakukan penggantian baterai.

Baca juga: Formula 1 Brasil Berlanjut Hingga 2030

Lalu perbaikan drain cover juga memakan waktu cukup lama, sehingga sesi latihan bebas 2 harus terlambat sekitar jam 2 malam. Hingga Sainz terkena penalti karena melebihi kuota penggantian, dan turun 10 grid.

“Mobil kami benar-benar rusak di sasis monokok, mesin, baterai. Tidak bisa diterima, ini sungguh merugikan, mengacaukan sesi Sainz,” ujar Frederic Vasseur, selaku Kepala Tim Scuderia Ferrari.

Baca juga: Semakin Ramai, General Motors Daftar Pemasok Mesin F1 2028

Ini tentu sangat merugikan bagi pembalap Spanyol itu, dan juga FIA tidak bisa menerima permintaan Scuderia Ferrari untuk tidak menjatuhkan hukuman atas penggantian komponen. Sebab Pasal 2.1 Peraturan Olahraga Formula 1 mewajibkan semua official, termasuk Steward, untuk menerapkan peraturan sebagaimana sudah tertulis.