POPULAR STORIES

Raptor, Cat Anti-Gores Yang Kuat

Raptor, Cat Anti-Gores Yang Kuat Bodi mobil berlapis cat Raptor

KabarOto.com - Menjaga keamanan mobil dari goresan bisa dengan berbagai cara nih sob. Tentu yang utama adalah berkendara dengan hati-hati. Selain itu, sobat KabarOto juga memiliki pilihan lain.

Bagi sobat KabarOto yang belum tahu, ada cat mobil yang bisa menghindarkan dari goresan alias anti-gores. Bahkan saking ajaibnya cat ini, goresan yang mengenai bodi mobil bisa dihilangkan loh. Hanya dengan dilap, maka goresannya akan hilang dan cat tetap baik-baik saja.

Baca juga: Garasi Kita, Bengkel Ini Ternyata Tidak Hanya Untuk Daihatsu Taft Loh

Menjawab rasa penasaran sobat KabarOto, cat ini dikenal dengan merek Raptor. Biasanya cat model ini diaplikasikan pada mobil jip atau off-road.

Hal ini dikarenakan mobil-mobil off-road dirasa lebih rentan dengan goresan. Sehingga cat Raptor dijadikan opsi untuk menjaga keamanan bodinya. Nah, bengkel Garasi Kita yang berlokasi di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, memiliki pelayanan cat ini.

Daihatsu Taft dengan cat raptor (Foto: Wandha)

Cat Raptor memiliki keunikan, dimana hasilnya akan membuat bodi mobil memiliki tekstur lebih kasar seperti aspal. Tekstur inilah yang menjadi andalan dari cat tersebut. Wahyu selaku pemilik Garasi Kita mengatakan, "Ini coating-nya lain, jadi kalau kena senggol motor atau apa gitu ya bisa dilap. Kalau kena tangan ya tangannya yang baret, bukan bodinya. Tapi nggak anti-tabrakan ya, penyok sih tetep penyok."

Jika coating biasa menggunakan bahan kimia yang melapisi mobil. Dan ketika mobil tergores dibersihkan, sebenarnya bukan bekasnya yang hilang tetapi lapisan coating-nya. Sedangkan cat Raptor ketika tergores dan dibersihkan, maka yang hilang ya goresannya.

Tekstur bodi yang menggunakan cat raptor

Bahkan cara mencuci mobil yang dilapisi dengan cat Raptor ini berbeda loh. Seperti yang sobat KabarOto ketahui, mencuci mobil dengan cat biasa harus menggunakan jenis lap yang berbeda.

Pria yang akrab di sapa om Way menjelaskan, "Kalau pakai cat ini nyucinya juga bukan pakai busa, kayak mobil biasa. Tapi pakai sikat, bisa sikat apa saja, misalnya sikat kamar mandi. Soalnya kalau pakai busa, nanti malah busanya yang rusak."

Baca Juga: Scuto Beri Tips Merawat Kendaraan Yang Sudah Di Coating

Nah, ternyata tidak hanya mobil offroad atau jip yang bisa menggunakan cat ini loh, karena semua mobil bisa diaplikasikan dengan cat Raptor. Untuk masa pengerjaannya berbeda dengan cat biasa yang lama pada proses pengecatan. Sedangkan menggunakan cat Raptor lama pada proses body work.

Nah, body work ini meliputi, kerok total, mengganti pelat, membersihkan karat, dan sebagainya khususnya untuk mobil Taft. Padahal proses mengaplikasikan cat hingga kering hanya dalam waktu 7 jam, atau maksimal satu hari. Karena setelah diaplikasikan, mobil tidak perlu melalui proses poles seperti cat mobil pada umumnya.

Cat Raptor dalam kemasan

Sedangkan untuk harga jika dibandingkan cat biasa, cat Raptor terbilang lebih mahal. Di Garasi Kita, memberikan harga sekitar Rp 35 juta dengan jangka waktu paling lama satu bulan di bengkel.

Dengan permukaan yang kasar model kulit jeruk, Raptor memiliki kekuatan atau tahan sampai 5 bahkan 8 tahun dan tidak akan pudar. Raptor tersedia dalam beberapa pilihan warna yang menarik, dengan pilihan warna yang lengkap dan bervariasi.

Baca juga: Jeep Wrangler JK Anti-Baret