Catat, Ini Jalan Jakarta Yang Berlakukan Crowd Free Night

Catat, Ini Jalan Jakarta yang Berlakukan Crowd Free Night Rias Jalan Jenderal Sudirman (Foto" BImo/KO)

KabarOto.com - Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan di akhir pekan nanti, info ini patut dibaca. Pasalnya Ditlantas Polda Metro Jaya akan menerapkan crowd free night (CFN) di beberapa ruas jalan, seperti Sudirman, Thamrin, Kemang dan SCBD setiap akhir pekan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, CFN ini telah diterapkan mulai pekan lalu. "Nanti rencana akan kita terapkan lagi tiap malam akhir pekan mulai malam Jumat, malam Sabtu dan malam Minggu," terang Sambodo, Senin (06/09/2021).

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Melanggar Ganjil Genap Di Jakarta Akan Ditilang

Dia menambahkan, Crowd Free Night di ruas jalan tersebut berlaku mulai pukul 00.00 sampai 04.00 WIB. Aturan ini akan disesuaikan dengan penerapan level PPKM di wilayah DKI Jakarta.

Situasi jalan di Jakarta (Foto: Bimo/KO)

Sebelum dimulai pukul 00.00 WIB, petugas Kepolisian akan melakukan penyekatan terbatas, dan akan menyasar komunitas motor sampai kerumunan masa yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Sambodo juga menjelaskan, kebijakan ini dikecualikan untuk para penghuni yang memang tinggal di wilayah-wilayah itu. Juga mobil ambulans yang dikecualikan dalam aturan ini.

"Tapi setelah jam 12 malam kita akan coba, dilaksanakan penutupan total, kecuali penghuni dan dalam kondisi darurat," terangnya lagi. Crowd Free Night ini dilaksanakan untuk mencegah kerumunan massa.

Baca Juga: Formula E Di Jakarta Tahun 2022 Terganjal Interpelasi

Karena semenjak PPMK level 3 ini, kerumunan massa mulai terjadi di beberapa tempat. "Sebab ditengarai PPKM level 3 ini banyak sekali pelanggaran prokes, terutama di tempat-tempat keramaian," ujar Sambodo.