Catat, Ini Perawatan Berkala Pada Mobil Yang Wajib Diperhatikan

Kipli
Kipli 03 May 2018 - 13:30
Catat, Ini Perawatan Berkala Pada Mobil Yang Wajib Diperhatikan
Perawatan mobil harus dilakukan berkala. Tujuannya adalah menjaga mobil selalu dalam kondisi prima dan minimalisir masalah saat digunakan (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Sebagian orang memang ada yang sudah melakukan perawatan rutin terhadap kendaraannya untuk alasan keawetan dan performa. Tapi, ternyata masih banyak juga loh yang cuek-cuek saja terhadap mobilnya. Sobat Kabaroto masuk kategori yang mana nih?

Perawatan mobil harus dilakukan berkala. Tujuannya adalah menjaga selalu dalam kondisi prima dan minimalisir masalah saat digunakan.

Beberapa perawatan salah satunya adalah penggantian suku cadang yang wajib dilakukan pemilik kendaraan. Ini karena suku cadang tersebut memiliki masa pakai yang dianjurkan oleh pabrikan. Penggantian suku cadang yang terlambat dapat menimbulkan masalah kapan saja.

Inilah 7 komponen mobil yang wajib diganti secara berkala supaya mobil tetap bekerja dengan lancar menurut David Lesmana dari Dunia Usaha Motor, BSD Tangerang Selatan ;

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin dan menjaga bagian dalam mesin bekerja dengan baik. Oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Karena harus bekerja keras jadi oli harus diganti pada 1.000 km pertama pemakaian. Pengganti oli berkala wajib dilakukan, biasanya tiap kelipatan 10.000 km walau ada juga yang ganti tiap 5.000 km.

2. Busi

Busi berfungsi untuk memantik api agar pembakaran dalam mesin dapat berjalan. Jika busi sudah kotor dan perlu diganti sebaiknya lakukan segera. Penggantian busi biasanya dilakukan pada jarak pemakaian 20.000 km dan 50.000 km.

3. Kampas Rem

Fungsi pengereman tidak bisa dipandang rendah. Penggunaan mobil sehari-hari ditambah kondisi berkendara di kota yang sering berhenti membuat kanvas rem bekerja keras. Penggantian komponen ini biasanya disesuaikan dengan waktu pemeriksaan rutin kendaraan atau setiap 20.000 km sekali pemeriksaan.

Baca Juga: Ini 5 Cairan Mobil yang Perlu Dicek Rutin

Editor : rio