POPULAR STORIES

Cegah Konsleting Pada Motor Dengan Cara Ini

Cegah Konsleting pada Motor dengan Cara Ini Aki sangat penting untuk dirawat, agar tidak mengalami konsleting (Foto: Bosch)

KabarOto.com - Sepeda motor masih menjadi moda transportasi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia, untuk bersilaturahmi saat hari Raya Idul Fitri. Nah sebelum menjalankan aktivitas, ada baiknya, pemilik motor memeriksa sepeda motornya. Terutama di bagian kelistrikan atau yang biasa dikenal aki.

Kristina Utami, Product Specialist, Bosch Automotive Aftermarket Indonesia mengatakan, pengecekan sepeda motor, utamanya pada sistem kelistrikan kendaraan, sangatlah penting. Terminal aki yang kotor wajib dibersihkan dan dikencangkan kembali agar sistem kelistrikan bekerja sempurna.

Baca juga: Mobil Ditinggal Mudik Haruskah Copot Aki? Ini Penjelasannya

"Selain itu, pengecekan kabel pada aki juga tidak boleh dilewatkan agar potensi korsleting dapat dicegah," ujar Kristina. Karena hubungan pendek pada aki bisa menyebabkan kabel meleleh. Bahkan menurutnya, menimbulkan percikan yang mengakibatkan kendaraan terbakar.

Aki menjadi komponen yang sangat penting pada sepeda motor (Foto: Bosch)



Sekedar informasi, pada 1922, Bosch mulai memproduksi aki sepeda motor. Kebutuhan energi kendaraan yang terus meningkat mendorong Bosch untuk terus berinovasi.

Salah satu produk aki seri Mega Power Ride M6 yang diperkuat Absorbent Glass Mat (AGM), dengan desain khusus yang mampu menyerap elektrolit. Teknologi ini memastikan aki Bosch seratus persen antibocor dan tahan getaran sehingga tidak merusak bodi kendaraan.

Baca juga: Servis Mobil Jelang Lebaran Di Bengkel Ini Dapat Diskon Ban, Aki Dan Oli

Selain bebas perawatan, Aki Bosch kapabel menyimpan cadangan daya lebih sehingga dapat diandalkan dan lebih stabil untuk perjalanan jauh dalam medan yang menantang.

Bosch Mega Power Ride M6 dilengkapi safety valves untuk mengontrol pembuangan gas/penguapan cairan aki dan menghindari tekanan berlebih di dalam bodi aki.

Fitur tersebut juga mengurangi risiko aki meledak apabila terjadi korsleting eksternal yang menimbulkan percikan api. Sementara, desain labirin pada top cover dirancang unik guna meminimalisir penguapan cairan aki sehingga umurnya lebih tahan lama.