Cegah Masyarakat Mudik, Polri Akan Lakukan Penyekatan Di 333 Titik

Cegah Masyarakat Mudik, Polri akan Lakukan Penyekatan di 333 Titik Titik penyekatan di Tol Bekasi

KabarOto.com - Korlantas Polri sudah persiapkan beberapa langkah, untuk mencegah masyarakat mudik ke kampung halaman, merayakan lebaran tahun 2021. Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di gedung BNPB Jakarta, mengatakan, Polri akan menggelar Operasi Kemanusiaan Ketupat 2021.

Dalam operasi ini, Polri akan mengedepankan tindakan persuasif dan humanis. "Operasi akan kita laksanakan di 34 provinsi," tarangnya. Polri juga akan menerapkan ‘Salus Populi Suprema Lex Esto’ (Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi).

Baca Juga: Mudik Dilarang, Polda Banten Akan Menutup Jalur Penyeberangan Di Pelabuhan Merak

Suasana mudik lebaran di pintu tol Cikampek

Operasi dilakukan, setelah beberapa kali melakukan evaluasi, setiap libur panjang dan libur nasional penyebaran Covid-19 selalu meningkat. “Pada momen ini, Polri akan membuat penyekatan di 333 titik," tambah Kakorlantas.

Titik utama penyekatan mulai dari Lampung sampai Bali. "Itu adalah titik mobilisasi utama yang harus kita lakukan penyekatan," tambah Istiono. Selain penyekatan dilakukan di perbatasan Provinsi juga Kabupaten.

Sebelum Operasi ketupat digelar, Polri akan mengadakan Operasi Keselamatan yang akan dilaksanakan pada 12 - 27 April 2021. “Operasi keselamatan ini untuk mensosialisasikan tentang peniadaan mudik," tambah dia.

Dalam kegiatan ini, Polri akan membagi masker, menggelar rapid test antigen gratis dan bakti sosial. "Kita benar-benar berharap masyarakat sadar, untuk tidak mudik," terangnya.

Baca Juga: Pemerintah Malaysia Larang Warganya Lakukan Mudik Lebaran Tahun Ini

Kakorlantas juga memastikan, tidak akan ada yang lolos pada musim mudik tahun ini. Hal tersebut juga dilihat dari hasil evaluasi pengamanan mudik tahun lalu, saat Pandemik Covid-19 mulai menyebar di Indonesia. "Tahun lalu dibangun 146 titik penyekatan, sementara tahun ini 333 titik. Termasuk ketegasan menindak travel gelap," tambahnya.