Pemerintah Malaysia Larang Warganya Lakukan Mudik Lebaran Tahun Ini

Pemerintah Malaysia Larang Warganya Lakukan Mudik Lebaran Tahun Ini

KabarOto.com – Pemerintah Indonesia melarang masyarakat untuk melakukan kegiatan mudik lebaran tahun 2021, dengan alasan masih tingginya angka penyebaran virus Covid-19.

Larangan mudik sudah mulai sejak 28 Maret 2021 lalu. Dan akan ada penyekatan wilayah di 333 titik. Bukan hanya di Tanah Air, Malaysia juga melarang warganya untuk melakukan ‘balik mudik’ pada lebaran tahun ini.

Baca Juga : Pemerintah Larang Masyarakat Mudik Lebaran Tahun Ini

Menurut keterangan Menteri Kesehatan Malaysia saat itu mengatakan ada enam faktor yang berpengaruh terhadap dibukanya perjalan antar wilayah, yakni kasus harian, angka penularan, kapasitas rumah sakit, perkembangan kasus Covid-19, termasuk jumlah nakes yang tertular, dan hasil tes di seluruh wilayah.

Baca Juga : Reaksi Pengusaha Bus AKAP Usai Pelarangan Mudik

Beberapa wilayah Malaysia juga sudah memastikan adanya larangan dari otoritas yang berwenang untuk pemudik yang datang ke wilayah mereka. Bagi yang melanggar akan dikenakan peringatan hingga dituntut secara hukum.

Kepala Polisi Melaka, Datuk Abdul Majid Mohd Ali mengatakan, “Pihaknya akan melakukan penutupan jalan secara bertahap sesuai kebutuhan dan angka penyebaran Covid-19. Paling tidak ada 30 sampai 35 penutup jalan dipasang di jalan masuk atau jalan keluar wilayah di seluruh Malaysia.”