Cek 5 Bagian Ini Jika Motor Sering Terkena Cuaca Panas

Cek 5 Bagian Ini Jika Motor Sering Terkena Cuaca Panas Foto: KabarOto

KabarOto.com - Saat ini cuaca sedang tidak menentu nih Sob. Kadang panas menyengat berhari-hari, sering juga tiba-tiba hujan deras. Hal ini sangat berpengaruh dengan kondisi motor loh. Apalagi kalau motor sobat KabarOto sering terpapar sinar matahari.

Baca Juga: Nih, Tips Mudik Pakai Motor Vespa

PT Astra Honda Motor (AHM) memberi tahu ada 5 bagian pada motor yang harus diperhatikan, terutama pada saat cuaca panas. Pertama adalah tekanan ban, perlu diketahui nih kalau suhu panas ternyata bisa membuat tekanan angin berubah-ubah. Sehingga perubahan ini bisa mengganggu kenyamanan berkendara.

Reza Rezdie Shahertian selaku Technical Training AHM mengatakan, "Hal ini dapat diatasi dengan melakukan pengecekan kondisi tekanan ban sesering mungkin atau setidaknya sebelum berkendara. Selain itu, sesuaikan tekanan ban dengan standard yang ditentukan oleh pabrikan.

Kedua, selain tekanannya, ban itu sendiri harus lebih diberi perhatian. Ban motor yang terkena suhu panas terus menerus ternyata mempercepat penurunan kualitas loh. Misalnya tekstur ban, lama-lama akan terlihat pecah-pecah atau getas.

Jika hal ini terjadi, dapat diatasi dengan mengganti ban dengan yang baru. Terutama ketika tekstur ban sudah terlihat retakan yang besar.

Baca Juga: Ukuran Gir Dan Rantai Motor Yang Wajib Diketahui

Ketiga adalah rantai motor, udara panas apalagi yang menyengat bisa menyebabkan pelumas pada rantai mengering lebih cepat. Sehingga akan menyebabkan kerja rantai yang tidak halus. Selain kinerja rantai akan berkurang, juga akan mengeluarkan bunyi kasar ketika motor digunakan, bahkan menjadi kaku.

"Hal ini dapat dihindari dengan melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala, seperti melumasi rantai dengan Chain Lub yang direkomendarikan, serta atur kekenduran rantai yang tertera pada stiker swing arm motor," lanjut Reza.

Keempat yaitu Bearing Roda, atau biasa juga disebut laher. Tidak hanya diakibatkan sering melewati jalanan rusak, suhu panas apalagi yang berkepanjangan membuat pelumas bearing dan seal mengeras. Hal ini diakibatkan memuainya kedua komponen tersebut.

Nah, ciri-cirinya roda depan tidak berputar secara halus dan terdengar bunyi yang tidak biasa. Salah satu solusinya adalah mengganti seal pada bearing, terutama kalau sudah terlihat getas. Bisa juga tambahkan pelumas pada roda-roda bearing motor.

Baca Juga: Ini Penyebab Bearing Atau Laher Roda Cepat Rusak

Terakhir, tetapi tidak kalah penting yaitu bodi. Hak yang paling signifikan dan terlihat perubahannya adalah warna cat pada bodi motor. Sama seperti mobil, motor yang sering terpapar sinar matahari akan menyebabkan penurunan kualitas warna bodi motor.

Salah satu cara untuk mencegahnya, selain tidak membiarkan motor kepanasan, AHM menyarankan untuk mencuci motor secara rutin dengan menggunakan sabun khusus. Nah, sabun khusus kendaraan bermotor yang terpercaya sudah dijual dipasaran loh. Jadi sudah mudah mendapatkannya.