Cek Mesin Sebelum Beli Mobil Bekas, Ini Bagian Pentingnya

Cek Mesin Sebelum Beli Mobil Bekas, Ini Bagian Pentingnya Foto: Wandha/KO

KabarOto.com - Membeli mobil bekas bukan hal mudah untuk sebagian orang. Banyak hal penting perlu menjadi catatan sebelum memutuskan membeli kendaraan.

Mesin merupakan bagian krusial yang harus diperhatikan oleh Sobat KabarOto, jangan sampai membeli kendaraan dengan mesin sudah rusak atau bermasalah. Bukannya untung malah buntung, karena sudah merogoh kocek, mobil malah tidak bertahan lama.

Baca Juga: Cewek Pengendara Mobil Harus Tahu Dua Hal Ini

Terkait mesin, tidak semua orang paham bagian ini. Walaupun kini memeriksakan kondisi kendaraan ke bengkel menjadi pilihan, tapi Sobat KabarOto bisa lakukan sendiri loh. Hal pertama yang harus dipastikan adalah mobil tidak pernah terkena banjir.

Cek Mesin Mobil Bekas

"Kalau pernah kena banjir itu jadi rembes olinya, bisa karat biasanya," jelas Ricky selaku pemilik Sumber Jaya Motor di Gading Serpong.

Rembesan oli harus di cek pada blok mesin atas, maupun mesin bawah. Biasanya, untuk blok mesin bawah memang lebih sulit melihatnya. Sehingga disarankan untuk cek ke bengkel.

Selain itu, ketahui juga mobil tersebut sudah pernah turun mesin atau belum, biasanya terjadi pada mobil yang umurnya diatas 15 tahun.

Baca Juga: Pilih Turun Mesin Atau Swap Engine Nih, Sob?

Cek Mesin Mobil Bekas
Contoh turun mesin

Edwin Obet selaku salah satu pemilik jual beli mobil rumahan, Big Joe, menambahkan penting untuk cek radiator. Hal ini penting loh Sob, karena efeknya bisa sampai merusak mesin.

"Kalau air radiatornya ada kebocoran, lama-lama (airnya) berkurang dan akan habis. Kalau sampai habis bisa overheat, blok mesin bisa melengkung. Dampak fatalnya bisa turun mesin," jelas pria yang akrab disapa Obet ini.

Ada tambahan nih bagi Sobat KabarOto yang tertarik dengan mobil matik. Jangan lupa untuk perhatikan sensor matiknya, karena hal ini sangat berpengaruh dengan performa.

Cek Mesin Mobil Bekas

Baca Juga: Ini Fungsi D+ Dan D- Pada Mobil Matik

"Kadang mobil matik itu sensornya yang kena, kalau dibawa jalan kerasa banget sih waktu maju sama mundurnya," jelas Ricky.

Jika sensor matik bermasalah, biasanya mobil tidak berjalan dengan mulus ketika memindahkan tuas perseneling. Adapun suara-suara yang mengganggu saat mobil berjalan.