POPULAR STORIES

Cek Penyebab Bearing Roda Motor Cepat Rusak

Cek Penyebab Bearing Roda Motor Cepat Rusak Bearing roda untuk sepeda motor (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Bearing motor merupakan salah satu komponen pada kendaraan yang memiliki peranan penting untuk membuat gerakan mekanis. Komponen ini perlu sering diperhatikan, Apalagi jika motor tersebut sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari yang harus menumpu beban berat.

Muhammad Abiyyu Hanif, Application Enginer SKF Indonesia menjelaskan bahwa Ada 3 faktor yang membuat bearing pada roda sepeda motor cepat rusak.

"Pertama itu faktor kebersihan, kedua adalah posisi pasang tidak tepat yang berisiko bearing roda cepat rusak," jelas Hanif.

Baca juga: Tips Aman Kendarai Motor Di Jalan Menanjak Dan Menurun

Bearing roda dari pabrikan motor

Hanif menjelaskan saat memasang bearing roda di bengkel sering dikasih gemuk (grease). Sebenarnya ini tidak bisa sembarangan, karena SKF Indonesia sudah punya hitungan tersendiri untuk gemuk yang tidak boleh ditambah dan dikurangi.

"Cara pemakaian dari kendaraan tersebut juga berpengaruh dengan awet atau tidaknya bearing, karena jika sering menghajar lubang di jalan rusak itu juga berpengaruh dengan masa pakai bearing," tambah Hanif.

Baca juga: Tips Merawat Aki Sepeda Motor Agar Awet Dan Harga Resminya

Selain itu, membawa beban berlebih saat berkendara juga berpengaruh karena bearing akan terbebani.

SKF Indonesia mengklaim kalau usia pakai produk bearing buatannya ini 3 kali lebih awet dari bearing yang diinginkan dari pabrikan.

“Usia pakai SKF itu sebenarnya tergantung pemakaian. Jadi misalkan konsumen ingin menggunakan sejauh 10.000 km, SKF itu memberikan 3 kali lipat dari itu,” tutup Hanif.