POPULAR STORIES

Cekidot, Ini Perbedaan Fungsi Lap Microfiber Dan Sintetis

Cekidot, Ini Perbedaan Fungsi Lap Microfiber dan Sintetis Untuk memilih lap mobil atau motor, memang ada beberapa yang bisa dipilih (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Sobat KabarOto pasti sayang dengan kendaraan, kan? Nah selain dicuci, agar kendaraan tetap bersih dan klimis, harus dipoles dan dilap. Namun, lap yang digunakan bukan sembarangan.

Ada beberapa jenis lap untuk mobil dan motor Anda yang bisa dipilih, di antaranya lap microfiber, sintetis atau chamois.

Lantas, apa sih perbedaan keduanya? Ini penjabaran dari Surya Halim Nugroho dari Otospa, Cimone, Tangerang.

Lap Sintetis

Menurut Surya, lap sintetis memang cocok untuk mengelap mobil atau motor setelah dicuci.

"Bahan lap chamois ini mudah menyerap air, dan juga mudah untuk dikeringkan dengan beberapa kali gerakan memeras. Material lap sintetis ini, umumnya sangat halus sehingga aman digunakan komponen berbahan krom, atau untuk kendaraan, seperti mobil dan motor," ujarnya.

Ia pun mengingatkan, setelah digunakan, hindari menjemur lap berbahan sintetis ini langsung di bawah sinar matahari.

"Karena lap jenis ini ketika kering akan menjadi keras dan kaku. Karena itu, lap jenis sintetis ini juga harus dijaga kelembabannya," wantinya.

Baca Juga: Noda Aspal Membandel Di Bodi? Hilangkan Dengan Cara Ini

Lap Microfiber

Berbeda dengan lap jenis sintetis atau chamois, adapun juga lap dengan material microfiber.

"Lap ini terdiri dari serat yang sangat halus, dan menghasilkan sentuhan yang sangat lembut untuk permukaan mobil atau motor. Microfiber sendiri terdapat empat jenis, namun yang paling baik untuk kain pembersih, adalah campuran dua polymer yaitu nylon (polyamide) dan polyester," jelas ayah dua anak ini.

"Lap microfiber dengan dua bahan tersebut, mampu menyerap air dengan lebih cepat. Namun, untuk nylon memang bagus dibanding polyster dalam menyerap air. Untuk mengelap kendaraan, microfiber memang lebih memiliki kemampuan menyerap air, dan menyimpan tujuh kali berat air," terangnya.

Ia menambahkan kalau bahan microfiber juga lebih aman di semua permukaan, baik itu mobil atau motor.

Nah, sekarang tak perlu bingung memilih jenis lap yang baik untuk kendaraan Sobat KabarOto, kan?

Berita Terkait

Berita Terkait