POPULAR STORIES

Cerita Ketua YRFI Babel Solo Touring Ke Titik Nol Kilometer

Cerita Ketua YRFI Babel Solo Touring ke Titik Nol Kilometer Cerita Ketua YRFI Babel Solo Touring ke Titik Nol Kilometer (YRFI)

KabarOto.com - Menempuh jarak hingga ribuan kilometer menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi para bikers, sebutan bagi penunggang motor pehobi touring.

Titik nol kilometer (km) Indonesia di Sabang, provinsi Nanggroe Aceh Darussalam kerap menjadi destinasi touring. Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Rani Hambarsyah selaku Ketua Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) Bangka Belitung. Dia melakukan solo touring dari pulau Bangka menuju titik nol km Indonesia di Sabang.

Baca Juga: Usia 70 Tahun, Dokter Spesialis Ini Masih Doyan Touring Dan Koleksi Motor Kencang

Touring dimulai dari pulau Bangka, lalu istirahat di kota Palembang, kemudian melanjutkan rute perjalanan lintas timur Sumatera seperti Jambi - Pekan Baru - Medan - Banda Aceh, hingga akhirnya ke Sabang, kilometer nol.

Ia pun mendapatkan sertifikat dari Walikota Sabang sebagai bukti telah tiba di sana. ”Terima kasih banyak atas dukungan dari para sponsor serta saudara atau sedulur bikers di Pulau Sumatera,” ungkap Rani Hambarsyah, yang akrab disapa Bro Kinoy.

Baca Juga: Bertolak Dari Tangerang, Volkswagen Van Club (VVC) Gelar Touring Ke Kilometer Nol

”Touring jarak jauh seperti ini harus dilakukan persiapan yang matang, seperti persiapan materi, finansial, fisik serta yang terpenting juga kondisi motor yang digunakan,” paparnya.

Dia juga mengabadikan momen setiap memasuki kota-kota besar yang dilalui serta menemui keunikan tersendiri di tempat-tempat tersebut. Hal ini disebutkan bertujuan untuk menambah wawasan nusantara dan juga mempromosikan provinsi Bangka Belitung di sana.

Untuk kepulangan dari titik nol km Indonesia di Sabang, Bro Kinoy memilih rute jalur lintas barat Sumatera yang dikenal dengan jalannya yang mulus serta pemandangannya yang indah.

Adapun rute yang dilewati adalah Banda Aceh - Meulaboh- Tapak Tuan - Subulussalam - Sidikalang - Tele - Sibea Bea - Dolok sanggul - Tarutung - Sibolga - Padang Sidempuan- Panyabungan - Muara Sipongi - Perbatasan antara Sumut Sumbar - Lubuk Sikaping - Equator 0 km Bumi Bonjol - Payakumbuh - Kelok 9 - Bukittingi - Padang Kota - Puncak Mande – Mukomuko – Bengkulu - Lubuk Linggau – Palembang, terus kembali ke Pulau Bangka, dengan jumlah total perjalanan selama 12 hari. Menarik!