POPULAR STORIES

Chery Akan Boyong Mobil PHEV Dan Kembangkan Hidrogen Untuk Tanah Air

Chery akan Boyong Mobil PHEV dan Kembangkan Hidrogen untuk Tanah Air Bocoran dari Chery, Akan Boyong Mobil PHEV dan Kembangkan Hidrogen untuk Tanah Air. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Tak hanya tenaga listrik yang kini sedang digencarkan oleh para produsen otomotif. Di luar negeri sendiri seperti Jepang dan Amerika Serikat, kendaraan yang sedang populer untuk energi terbarukan diantaranya adalah PHEV atau Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) maupun tenaga hidrogen.

Banyak pihak produsen otomotif yang kini berlomba-lomba membuat unit terbaru mereka menggunakan kedua tenaga penggerak tersebut, karena dinilai paling efisien untuk penggunaan sehari-hari. Disinggung hal tersebut, pihak Chery Sales Indonesia (CSI) selaku induk dari Chery Motor di Indonesia, angkat bicara.

Chery Tiggo PHEV di kantor pusat Chery International (Foto: CSI)

Masa Depan Mobilitas: Strategi PT CSI dengan PHEV & Mesin Hidrogen

"Sebenarnya, di headquarter (kantor pusat) kami, memang tengah mengembangkan hal tersebut (PHEV dan hidrogen). Kemungkinan memang akan menyusul untuk peluncurannya di Indonesia, yang paling dekat saat ini concern kita di PHEV karena memang sudah ada produknya," jawab Rifkie Setiawan selaku Head of Brand Department PT CSI saat berbincang dengan KabarOto di kawasan Gading Serpong, Tangerang.

Baca Juga: Profil Range Rover Sport PHEV 2023

Cara kerja mesin hidrogen sendiri mirip dengan mesin bensin. Hidrogen disemburkan ke ruang bakar dengan sistem injeksi. Nanti hasil pembakaran yang menggerakkan piston. Meski mirip, mesin internal kombusi dengan bahan bakar hidrogen memiliki berbagai keunggulan.

Pembakaran dengan hidrogen lebih cepat dari bensin, sehingga mesin bekerja lebih cepat dan dapat memberikan performa lebih responsif. Selain itu mesin ini juga lebih ramah lingkungan.

Mengenalkan Varian PHEV Chery

Dari informasi CSI sendiri, memang sudah ada varian mereka yang menggunakan PHEV di negeri asalnya. Chery International menghadirkan beberapa model inti merek Chery, diantaranya, Tiggo 8 Pro e+ dan Tiggo 7 Pro e+, yang merupakan dua produk hybrid plug-in dari keluarga Tiggo.

Baca Juga: Chery Tiggo PHEV Debut Perdana Secara Global

"Ya, hanya soal waktu, saya yakin tidak lama lagi akan muncul di Indonesia. Pasti nanti mas terima undangan dari kami, jadi ditunggu saja," tutup Rifkie.

Banyak rumor mengatakan, kedua varian Tiggo PHEV tersebut bakal memulai debut di Tanah Air pada tahun 2024 ini. Ditunggu saja kabar baiknya!