Chevrolet Silverado Kini Mengusung Baterai

Chevrolet Silverado Kini Mengusung Baterai Foto: General Motors

KabarOto.com - Manufaktur asal Amerika Serikat yakni Chevrolet sepertinya tak ingin ketinggalan dalam persaingan kendaraan bertenaga listrik. Kali mengemas Chevrolet Silverado murni mengusung baterai sebagai sumber performa.

Sebagai double cabin yang diklaim punya kemampuan setera dengan Chevrolet truk berbahan bakar bensin atau diesel. General Motors memberikan estimasi untuk sekali pengisian baterai, Silverado EV ini bisa menempuh 643 km untuk pilihan tipe Work Truck (WT) dan RST.

Baca juga: Mobil Konsep Jetour X-1 Dibekali Sistem Otonom Level 3 Buatan Huawei

Dari motor listriknya mampu kerahkan tenaga setera 664 dk dan torsinya mencapai 1.057 Nm. Hal tersebut bisa dicapai dengan Wide Open Watts Mode di tipe RST. Perihaal akselerasi 0-96 kpj bisa diraih 4,5 detik.

Adapun Silverado EV dibangun dari platform Ultium, sebagai bagian dari strategi GM di kendaraan listrik untuk menciptakan masa depan bebas emisi gas buang.

"Melalui Ultium Platform memungkinkan para desainer dan ahli mesin memulai dari lembaran bersih dan menciptakan pikap dengan performa dan kemampuan impresif," ujar Nichole Kraatz, Silverado EV Chief Engineer.

Kemasan baterai Ultium terdapat 24 modul yang menjadi bagian struktur kendaraan, memungkinkan bisa menjelajah lebih jauh. Selain itu dari ketangguhan pikap, ternyata tetap sajikan kenyamanan dan memberikan kepercayaan diri melaju di onroad dan offroad.

Kenyamanan di berbagai medan jalan berkat pengaplikasian suspensi independen di depan dan belakang. Sumber tenaga dikerahkan langsung ke roda berukuran 24 inci. Adapun di RST menggunakan motor di depan dan belakang melalui sistem e4WD. Automatic Adaptive Air Suspension membuat Silverado EV bisa disesuaikan ketinggiannya bertambah hingga 50 mm.



Paling canggih adalah sistem kemudi empat roda, menjadikan radius putar mobil menjadi lebih kecil. Hal ini membuat proses parkir di tempat sempit jadi lebih praktis.

Oh iya, dalam hal pengisian baterai melalui fast charging hingga 350 kW hanya menunggu waktu 10 menit pengguna bisa menempuh jarak 160 km.

Kebutuhan akan listrik ketika rekreasi bisa didapat melalui aksesori PowerBase. Ada sepuluh colokan dengan total 10,2 kW, bisa juga sebagai sumber listrik rumah ketika darurat diperlukan.



Saat berada di kabin akan disapa oleh layar LCD diagonal berukuran 17 inci serta ada animasi 3D, disanding dengan layar instrumen di depan pengendara berukuran 11 inci. Head up display juga terbilang lengkap dengan seluas 14 inci.

Baca juga: General Motors Rilis Chevrolet Equinox EV Tahun 2023

Fitur keren yang disuguhkan adalah hands-free start, mobil akan menyala otomatis setelah pengendara masuk dan memasang sabuk pengaman untuk melaju ke jalan raya.



GM Factory ZERO di Detroit-Hamtramck Assembly Center menjadi tempat dibuatnya Silverado EV ini. Sedianya di fasilitas senilai $2.2 miliar ini, musim semi 2023 Silverado EV untuk model WT akan memulai debut produksi. Sedangkan RST First Edition akan menyusul pada tahun yang sama. Harga termahal $105.000 atau setara Rp 1,5 miliar dan termurah mulai $ 39.900 atau Rp 572 juta.